Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

0 917

Sejarah Museum Situs Kepurbakalaan

Diungkapnya data arkeologi secara ilmiah yang tersebar dan terkumpul di dalam gudang sebagai hasil penelitian dan pelestarian situs Banten Lama agar dapat dinikmati masyarakat luas pada tanggal 15 Juli 1985 terwujud, yakni dengan diresmikannya Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Prof.DR. Haryati Soepadio. Museum ini terletak di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Koleksi Museum Situs Kepurbakalaan

Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama mempunyai luas tanah ± 10.000 m² dan bangunan ± 778 m². Dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Jawa Barat seperti yang terlihat pada bentuk atapnya.

Koleksi Arkeologika, koleksi arkeologika yang terdapat di Museum Situs Kepurbakalan Banten Lama meliputi sejumlah benda-benda peninggalan sejarah dan purbakala yang ditemukan di Situs Banten Lama, yang berasal dari masa pra-sejarah, masa klasik (Hindu-Buddha), masa Islam, hingga masa kolonial.

 

Koleksi Keramologika, koleksi keramologika berupa keramik dan gerabah. Keramik-keramik yang menjadi koleksi museum ini terdiri dari keramik asing dan keramik lokal. Keramik asing umumnya berasal dari Birma, Vietnam, Cina, Jepang, Timur Tengah serta negara-negara Eropa dengan cirinya masing-masing.

Koleksi Numismatika, koleksi numismatika merupakan koleksi yang berupa mata uang. Koleksi yang ada di museum ini berupa mata uang asing yang dicetak di Banten Lama sendiri maupun mata uang asing seperti caxa (Cina), mata uang VOC,  mata uang Inggris, dan Tael.

Koleksi Etnografika, koleksi etnografika yang terdapat pada museum antara lain berupa koleksi alat tenun. Koleksi ini merupakan alat tenun yang ada di daerah Banten sejak Banten sebelum Islam sampai sekarang masih digunakan. Selain itu, juga terdapat sejumlah benda-benda tradisional dari daerah Banten seperti pakaian, senjata, dan alat kesenian.

Koleksi Seni Rupa, koleksi seni rupa yang menjadi koleksi museum ini umumnya lukisan yang menceritakan sejumlah peristiwa di Banten Lama. Koleksi seni rupa ini antara lain sketsa yang menggambarkan tentang kegiatan pasar pada masa lalu, juga lukisan tentang utusan duta besar Kesultanan Banten yang melawat ke negara Inggris, suasana di Tasikardi, diorama suasana musyawarah tahun 1596, pelabuhan Banten tahun 1596, suasana pasar Karangantu, lukisan keterangan tentang urutan Sultan-sultan yang menjabat pada waktu itu dan lain-lain.

Source Museum Situs Kepurbakalaan Banten Serang
Comments
Loading...