Museum Situs Batujaya Karawang

0 323

Lokasi Museum Situs Batujaya

Museum Situs Batujaya terletak di Segaran, Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41354.

Museum Situs Batujaya

Museum Situs Batujaya merupakan bangunan yang didirikan untuk melindungi tinggalan alam dan budaya yang bergerak atau pun tidak bergerak di lokasi yang secara ekologis belum mengalami perubahan oleh manusia dan in situ.

Museum Situs Batujaya hendaknya dapat menjadi lembaga yang dapat melindungi tinggalan budaya hasil penelitian di Situs Batujaya, baik yang bergerak maupun bangunan candi yang in situ. Museum Situs Batujaya merupakan bangunan yang dibangun di Situs Batujaya untuk melindungi adat istiadat dan cara hidup suatu komunitas di tempat aslinya. Museum Situs Batujaya harus dibangun di lokasi asli atau di dalam Situs Batujaya untuk melindungi tinggalan arkeologi di kawasan tersebut.

Museum Situs Batujaya merupakan bangunan yang dibangun di Situs Batujaya sebagai lokasi asli yang ditempat itu pernah terjadi peristiwa prasejarah dan sejarah yang penting. Berdasarkan temuan sejumlah prasasti diketahui bahwa sekitar abad ke-5 Masehi telah berdiri kerajaan yang bersifat hinduistik, yakni Tārumānagara/Tārumā-nagara atau Kerajaan Tārumā.

Museum Situs Batujaya merupakan bangunan yang dibangun di suatu Situs Batujaya yang pada bebarapa situs telah dilakukan penggalian arkeologi.

Koleksi Museum Situs Batujaya

Koleksi Museum Situs Batujaya sangat beragam, di antaranya adalah bangunan, struktur, ornamen, arca, materai (votive tablet) terakota, inskripsi, gerabah, arca, alat logam, perhiasan, keramik, tulang dan serbuk sari (pollen). Koleksi tersebut adalah hasil penelitian yang telah dilakukan di Situs Batujaya oleh beberapa instansi, dan bangunan in situ baik yang telah dipugar ataupun belum.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/2015/04/21/pengembangan-museum-situs-batujaya/
Comments
Loading...