Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta

0 112

Lokasi Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum ini terrletak di Jalan Pos Kota No. 2 Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik ini merupakan salah satu museum yang menempati bangunan bersejarah di kawasan Kota Tua Jakarta. Gedung Seni Rupa dan Keramik yang merupakan hasil karya arsitek atau Hoofd Ingenier Jhr. W.H.F.H. Van Raders ini dibangun pada tahun 1870. Bangunan ini mempunyai ciri arsitektur gaya Neo Klasik. Pada awalnya gedung ini digunakan sebagai Lembaga Peradilan Tertinggi Belanda (Raad Van Justitie Binnen Het Casteel Batavia) 21 Januari 1870, pada masa Batavia diperintah oleh Gubernur Picter Mijer. Pada masa pendudukan Jepang dan masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, gedung ini dijadikan sebagai asrama NMM (Nederlandsche Mission Militer) oleh tentara KNIL.

Pada masa kedaulatan Republik Indonesia diserahkan kepada TNI dan dimanfaatkan sebagai gudang logistik. Selanjutnya pada tahun 1970 – 1973 digunakan sebagai kantor Walikota Jakarta Barat. Pada tahun 1974 dilakukan renovasi atau pemugaran gedung kemudian digunakan sebagai Kantor Dinas Museum dan Sejarah DKI Jakarta. Atas gagasan Wakil Presiden Adam Malik, tanggal 20 Agustus 1976 diresmikan sebagai Gedung Balai Seni Rupa oleh Presiden Soeharto. Di dalam gedung ini terdapat Museum Keramik yang diresmikan oleh Ali Sadikin (Gubernur DKI Jakarta) pada tanggal 10 Juni 1977.

Semenjak tahun 1990 Balai Seni Rupa digabung dengan Museum Keramik menjadi Museum Seni Rupa dan Keramik. Sesuai dengan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 475 Tahun 1993 tentang Penetapan Bangunan-Bangunan Bersejarah di DKI Jakarta sebagai Benda Cagar Budaya dan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 1999 tentang Pelestarian dan Pemanfaatan Lingkungan dan Bangunan Cagar Budaya, Museum Seni Rupa dan Keramik termasuk ke dalam golongan A. Bangunan ini dilindungi oleh Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0128/M/1998.

Source Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta Jakarta
Comments
Loading...