Museum Seni Lukis Klasik Bali

0 168

Lokasi Museum Seni Lukis Klasik Bali

Museum Seni Lukis Klasik Bali terletak di Jalan Raya Banda No.1- Takmung, Br. Angkan Klungkung, Bali.

Museum Seni Lukis Klasik Bali

Museum Seni Lukis Klasik Bali ini dibangun pada tahun 1990 diprakarsai oleh seniman Nyoman Gunarsa dan beridiri pada tahun 1994 dan diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Wardiman Djoyonegoro terdiri dari 3 lantai, 1 lantai untuk seniman lokal dan mancanegara yang ingin mengadakan pameran lukisan dan 2 lantai untuk menyimpan koleksi kesenian baik lukis maupun patung dan barang antik khas Bali. Museum Nyoman Gunarsa dibagi atas 2 bagian utama yaitu koleksi lukisan modern khas Bali dan koleksi lukisan klasik Bali. Selain itu Museum seni Nyoman Gunarsa juga menyimpan koleksi berbagai macam wayang, keris peninggalan zaman Kerajaan Gelgel dan patung-patung tradisional Bali.

Yang paling utama, museum ini menyimpan sekitar 250 lukisan yang sang Maestro Nyoman Gunarsa selama kurang lebih 20 tahun. Selain itu Museum ini juga memiliki panggung terbuka dengan pintu gerbang besar yang dibuat sendiri oleh Nyoman Gunarsa dan bernama “Surya Chandra Murti”. Selain Museum seni Nyoman Gunarsa, beliau juga mendirikan Museum Seni Lukis Kontemporer Indonesia pada tahun 1989 yang berada di Yogyakarta dan “Sanggar Dewata Indonesia” pada tahun 1970 dimana lukisan dari para pelukis yang tergabung dalam sanggar tersebut juga dipajang di Museum Nyoman Gunarsa.

Source http://arsip-indonesia.com/nl/ http://arsip-indonesia.com/nl/zoeken?mivast=50000&mizig=190&miadt=50000&miaet=14&micode=ORGANISASI&minr=1030470&milang=nl&misort=pla%7Casc&miview=ldt
Comments
Loading...