situsbudaya.id

Museum Sandi Yogyakarta

0 92

Lokasi Museum Sandi

Museum Sandi terletak di Jalan Faridan M. Noto, No. 21, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224.

Museum Sandi

Di banyak negara, museum bertema persandian atau kriptogtafi hanya berjumlah sedikit. Museum Sandi tersebut menempati sebuah gedung dua lantai bergaya kolonial yang terlihat masih asli dan terawat. Di halaman depan, ada papan keterangan status gedung ini sebagai bangunan cagar budaya. Sebelum menjadi lokasi Museum Sandi, gedung ini pernah digunakan oleh Badan Perpustakaan Daerah.

Gedung ini sempat difungsikan juga sebagai kantor Kementerian Luar Negeri RI pada 1947-1948. Hal ini terlihat pada prasasti Departemen Luar Negeri tahun 1995 yang ditandatangani Menteri Luar Negeri Ali Alatas S.H di dinding sebelah kiri pintu utama. Meskipun sebagian huruf di prasasti itu agak pudar, tapi masih terbaca.

Koleksi Museum Sandi

Koleksi unggulan Museum Sandi berada di ruang selanjutnya, yaitu Ruang Sandi Global. Koleksi unggulan berupa dua unit mesin sandi yang terbilang langka. Pertama, mesin sandi BC-543 buatan Swedia diproduksi mulai tahun 1930-an pernah digunakan oleh Belanda. Mesin ini diserahkan oleh pihak intelijen Belanda NEFIS setelah penyerahan kedaulatan RI oleh Belanda tahun 1949. Koleksi unggulan lainnya mesin sandi KLB-7 buatan National Security Agency (NSA) produksi tahun 1940 pernah digunakan oleh Fretilin di Timor. Perwira Sandi ABRI berhasil merampas satu unit mesin itu pada Perang Timor Timur 1977.

Di tengah ruangan, berdiri replika Monumen Sanapati. Versi asli monumen tersebut berlokasi tidak jauh dari Museum Sandi, tepatnya di persimpangan antara Jalan Abu Bakar Ali dan Jalan I Dewa Nyoman Oka depan Gereja Katolik Santo Antonius Kota Baru. Monumen Sanapati yang diresmikan oleh Menteri Sekretaris Negara Moerdiono pada 4 April 1996 adalah tanda peringatan 50 tahun persandian Indonesia.

Di ruang terakhir, Ruang Edukasi, pengunjung dewasa maupun anak-anak dapat mengakses menu permainan edukatif tentang persandian dari perangkat komputer yang disediakan.

Source https://museumku.wordpress.com/ https://museumku.wordpress.com/2017/10/15/museum-sandi-satu-satunya-museum-kriptografi-di-indonesia/
Comments
Loading...