Museum Rumah Bung Karno Bengkulu

0 306

Lokasi Museum Rumah Bung Karno

Museum Rumah Bung Karno terletak di Jl. Soekarno Hatta – Bengkulu. Pasar Anggust Atas, Provinsi Bengkulu.

Museum Rumah Bung Karno

Di rumah ini tersimpan benda-benda peninggalan Bung Karno yang memiliki nilai sejarah termasuk saat Beliau menyusun strategi-strategi perjuangan selama di pengasingan. Pembagian ruangan dan penataan koleksi benda bersejarah di rumah ini rapi dan teratur.

Rumah pengasingan ini berukuran asli adalah 162 m² dengan bangunan 9 x 18 m. Bentuk bangunannya empat persegi panjang tidak berkaki dan dindingnya polos. Memiliki halaman yang cukup luas dengan atap berbentuk limas. Pintu utamanya berdaun ganda berbentuk persegi panjang dengan jendela persegi panjang berhias kisi-kisi. Belum diketahui kapan rumah ini pertama kali didirikan, namun diperkirakan dibangun awal abad ke-20.

Mulanya rumah tersebut merupakan milik pengusaha Tionghoa bernama Tan Eng Cian penyumplai sembako untuk Pemerintah Hindia Belanda pada masa itu. Terdapat ciri rumah Cina dari bangunannya pada lubang angin yang terdapat di atas jendela dan pintu bermotif huruf Cina. Rumah ini kemudian disewa oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk menempatkan Bung Karno selama diasingkan di Bengkulu.

Saat ini bangunan lamanya masih dipertahankan seperti awalnya hanya saja Pemprov Bengkulu menambahkan bangunan bernama Persada Bung Karno yang berfungsi sebagai museum, perpustakaan, ruang pertemuan, dan gedung pertunjukan.

Source http://asosiasimuseumindonesia.org/beranda.html http://asosiasimuseumindonesia.org/anggota/58-museum-rumah-bung-karno.html
Comments
Loading...