Museum Rumah Bundar Tarakan Kalimantan Utara

0 132

Museum Rumah Bundar Tarakan Kalimantan Utara

Museum Rumah Bundar adalah salah satu objek sejarah yang berada di kawasan kampung baru Jl. Danau Jempang Kelurahan Pramusian Kecamatan Tarakan tengah Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Lokasi tersebut dapat ditempuh sekitar 15 menit dari Bandara Juwata Tarakan. Sebelum mulai di buka untuk khalayak ramai, museum rumah bundar ini di kenal masyarakat sebagai rumah bundar saja. Bangunan ini di kelola langsung oleh Dinas Kebudayaan Kota Tarakan. Museum ini masih tergolong sepi pengunjung dikarenakan masih sedikitnya koleksi yang ada di museum tersebut.

Bangunan ini didirikan oleh tentara Australia pada tahun 1945 sebagai tempat tinggal setelah merebut kekuasaan dari tangan Jepang. museum ini banyak menyimpan sejarah perang dunia ke II. Dan mayoritas menyimpan benda sejarah berupa samaurai, baling-baling pesawat tempur, sepatu paara penjajah, helm pasukan tentara sekutu, pedang algojo jepang dan lebih banyak didomonasi foto keadaan saat perang ke II di Tarakan.

Koleksi lainya yang bisa kita lihat beberapa alat perang berupa senjata dan pistol peninggalan VOC menyebutkan asal muasal benda ini awalnya dari wilayah kabupaten Berau, senjata api laras panjang dan pistol ini berlabelkan VOC memangs edikit sekali keterkaitan antara VOC dengan Tarakan hubunganya dengan senjata tersebut namun demikian bisa saja senjata ini di hubungkan dengan posisi Tarakan sebagai jalan daerah perdagangan di wilayah utara Kalimatan, bahwa pistol VOC ini merupakan gambaran senjata para pedagang VOC yang bukan tidak mungkin telah menjadikan Tarakan sebagi rute dagang Berau dan juga ke Tanjung Selor atau pedalaman Kalimantan lainnya.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Monumen_Rumah_Bundar
Comments
Loading...