Museum Rumah Adat Baanjuang Bukit Tinggi

0 125

Lokasi Museum Rumah Adat Baanjuang

Museum Rumah Adat Baanjuang terletak di Jl. Cindur Mato, Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Museum Rumah Adat Baanjuang

Museum Rumah Adat Baanjuang ini didirikan oleh seorang Belanda yang bernama Mr. Mondelar Countrolleur pada tanggal 1 Juli 1935, berbentuk bangunan berupa rumah tradisional yang memiliki anjuang kiri dan kanan. Hampir semua bahan bangunan masih terlihat ketradisionalannya, seperti atap bangunan dari ijuk, dinding kayu/bambu serta berlantai kayu.

Museum ini didirikan dengan tujuan untuk menghimpun benda-benda sejarah dan budaya Tanah Minang. Dulunya museum ini bernama Museum Bundo Kanduang kemudian sesuai dengan Perda Kota Bukittinggi No. 5 tahun 2005 maka berganti nama menjadi Museum Rumah Adat Baanjuang. Luas bangunannya ialah 2798 m2.

Kebanyakan koleksi Museum Rumah Adat Baanjuang ini termasuk dalam kategori etnografika, numismatika, binatang yang diawetkan, dan sebagainya. Menariknya, museum ini juga menyimpak awetan binatang dengan kondisi fisik langka, sebagaimana koleksi yang dipajang di vitrin, terdapat kerbau berkepala dua, berkaki delapan, hingga kambing yang bermuka dua. Tersimpan juga koleksi miniatur rumah gadang, surau, rumah makan, yang kesemuanya amat menarik perhatian, dikarenakan rumah-rumah tradisional tersebut ternyata kian makin sulit ditemukan di Tanah Minang.

Source Museum Rumah Adat Baanjuang Bukit Tinggi SumBar
Comments
Loading...