Museum Probolinggo Jawa Timur

0 149

Lokasi Museum Probolinggo

Museum Probolinggo terletak di Jl. Suroyo, Tisnonegaran, Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67211.

Museum Probolinggo

Gedung Panti Budaya sebagai gedung yang dewasa ini dijadikan sebagai Museum Probolinggo telah menjadi ikon pariwisata di Kota Probolinggo. Sebagai pusat sejarah dan budaya, museum Probolinggo memegang peranan penting dalam menunjang proses pembelajaran bagi para wisatawan. Dengan dilengkapi berbagai atribut benda – benda bernilai sejarah serta replika yang mencerminkan eksistensi sebuah budaya bernilai tinggi, mampu meningkatkan citra kota Probolinggo sebagai kota sejarah.

Berbagai aset peninggalan pada masa penjajahan Belanda turut menambah koleksi museum Pobolinggo. Museum Probolinggo yang secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Propinsi Jawa Timur pada saat penyelenggaraan MPS 2, juga didukung oleh berbagai institusi terkait, seperti Museum Empu Tantular. Diharapkan dengan penerapan kerjasama yang semakin beragam dengan berbagai unit kerja, akan meningkatkan kualitas dan kuantitas produk hasil peninggalan sejarah di Museum Probolinggo.

Koleksi Museum Probolinggo :

  1. Koleksi Ethnografika Museum Probolinggo terdiri dari berbagai peralatan mata pencaharian hidup (bertani, menangkap ikan, pertukangan), kesenian, busana, pusaka dan peralatan rumah tangga. Adapun koleksi ethnografika Museum Probolinggo antara lain : Alat pertukangan tradisional Probolinggo (patil dan kapak), jaran bodhag, kenong telo’, tari lengger, batik manggur, kerapan kambing, sandal lily lotus dan kecapi China.
  2. Koleksi Arkeologi adalah benda budaya hasil temuan berupa peninggalan masa pra sejarah dan sejarah.Adapun koleksi Arkeologi Museum Probolinggo antara lain : Arca Nandi, Relief Arjuna Wiwaha dan Prasasti Rameswarapura.
  3. Koleksi Historika adalah sejarah berupa benda budaya bukan hasil temuan atau ekskavasi (penggalian), tetapi dapat dijadikan sebagai bukti suatu peristiwa sejarah. Adapun koleksi Historika Museum Probolinggo antara lain : Hikayat Rara Anteng dan Jaka Seger, Lonceng Kuno, Mesin Porporasi, Dokar Blasteran Probolinggo, Sejarah Pendidikan Probolinggo, Becak “Sehat” dan Perahu Tambangan.
  4. Koleksi Numismatika adalah koleksi mata uang atau alat tukar pembayaran yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat khususnya masyarakat Probolinggo. Koleksi Numismatika Museum Probolinggo sangat bervariasi, bukan hanya mata uang Indonesia, tetapi terdapat pula mata uang dari Belanda, Jepang, Manchester, China, dll. Adapun koleksi Numismatika Museum Probolinggo antara lain : Uang Kertas Probolinggo dan Koin China (Uang Gobog).
  5. Koleksi Filologika adalah naskah kuno yang ditulis menggunakan aksara dan bahasa tradisional yang berisi tentang ilmu pemerintahan, sastra, pengobatan, hukum, dll. Adapun Koleksi Filologika Museum Probolinggo antara lain : Naskah Kuno (Ancient Manuscript), dan masih banyak lagi.
Source Museum Probolinggo Jawa Timur Jawa Timur
Comments
Loading...