Museum Peta Bogor

0 418

Lokasi  Museum Peta Bogor

Museum Peta Bogor terletak di Jalan Jenderal Sudirman No.35, Pabaton, Bogor Tengah, Pabaton, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16121.

Museum Peta Bogor

Museum ini berdiri ditahun 1745 oleh tentara Knil dengan gaya arsitektur bangunan Eropa (Inggris). Pembangunan monumen dan Museum PETA  atas prakarsa dari YAPETA (Yayasan Pembela Tanah Air) yang mempunyai tujuan untuk memberikan penghargaan kepada mantan tentara PETA dan kontribusi pada pendirian bangsa dan negara indonesia. Disamping itu untuk persiapan dalam mengisi kemerdekaan setelahnya. Persiapan pendirian museum ini telah dimulai pada tanggal 14 Nopember 1993 dengan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Wakil Presiden RI, yang juga sesepuh YAPETA, yaitu Bapak Umar Wirahadikusumah. Museum ini sebelumnya membaur dengan komplek zeni.

Gedung ini diresmikan sebagai salah satu Museum yang didedikasikan khusus untuk para prajurit PETA pada tanggal 18 Desember 1995 oleh H. M. Soeharto (Presiden RI ke II) juga sebagai mantan Perwira PETA angkatan I. Lokasi gedung ini terletak sekitar 700 meter dari Istana Bogor. pada tahun 1943 gedung ini juga digunakan sebagai pusat pelatihan pasukan tanah air (masih di bawah Jepang). Akan tetapi di kemudian harinya , pasukan PETA mengadakan perlawanan ke pihak jepang . dan PETA ini yang akhirnya menjadi salah satu cikal bakal satuan yang bersatu membentuk BKR terus menjadi TKR serta menjadi TNI.
Tentara Peta merupakan tentara kebangsaan yang dipersiapkan untuk menjadi tentara kebangsaan Negara Indonesia Merdeka. Di Bogor inilah pertama kali diselenggarakan pembentukan taruna‐taruna yang setelahnya melahirkan perwira-perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air, Tentara Kebangsaan Republik Indonesia. Ditempat inilah dibangkitkan jiwa keprajuritan kebangsaan Indonesia yang mampu menggerakan setiap perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air untuk dikemudian hari berperan didalam sebuah gerakan persiapan Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia sampai pada pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) yaitu yang menjadi cikal bakal Tentara Indonesia.
 Dahulu Kota Bogor yang telah menjadi pusat latihan tentara yang bernama Jawa Boei Giyugun Kanbu Kyo Iku Tai (Pusat Pendidikan Perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air di Jawa). Selanjutnya pada tanggal 19 Oktober 1995, melalui adanya surat keputusan DPRD Kotamadya Tingkat II Bogor Nomor.3/kep/DPRD/1995 isi dari surat tersebut adalah menetapkan Bogor sebagai Kota Pembela Tanah Air (PETA). Hal inilah yang mengukuhkan Kota Bogor sebagai bumi keprajuritan yang banyak melahirkan perwira‐perwira tangguh, yang berperan besar dalam gerakan persiapan menuju kemerdekaan bangsa Indonesia.
Source http://www.wisatakotabanjar.com http://www.wisatakotabanjar.com/2016/08/objek-wisata-museum-di-kota-bogor.html
Comments
Loading...