Museum Perjuangan Rakyat Jambi

0 322

Lokasi Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Museum Perjuangan Rakyat Jambi terletak di Jl. Sultan Agung, No. 12, Lap. Banteng, Murni, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36124.

Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Bangunan Museum Perjuangan Rakyat Jambi merupakan perpaduan gaya rumah Tradisional Jambi dengan arsitektur modern. Bangunan museum terdiri dari tiga lantai yang menyimpan koleksi berupa replika Pesawat Catalina RI-001, selempang merah, kampilan (senjata tradiional), diorama perjuangan rakyat jambi, alat komunikasi industri, pakaian dan perlengkapan perang, religi, numismatika, alat rumah tangga, foto-foto pejuang dan replika. Total koleksi dari Museum Perjuangan Rakyat Jambi berjumlah 438 buah.


IMG_0625.jpgPendirian Museum Perjuangan Rakyat Jambi diprakarsai oleh Dewan Harian Daerah Angkatan 45 (DHD-45) bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jambi yang saat itu dipimpin Drs. H. Abdurrahman Sayoeti. Tujuannya untuk menghimpun dan melestarikan benda-benda beserta kelengkapan yang digunakan para pejuang Jambi dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Peletakan Batu pertama pembangunan Museum Perjuangan Rakyat Jambi dilakukan oleh Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia, Letjen Achmad Tharir pada tanggal 6 Juni 1993. Peresmian Museum ini dilakukan oleh Presiden Indonesia H.M Soeharto bersamaan dengan pembukaan MTQ Nasional ke XVIII di Jambi pada tanggal 10 Juli 1997. Sejak Saat itu Museum Perjuangan Rakyat Jambi dibuka untuk umum.

Source http://asosiasimuseumindonesia.org/beranda.html http://asosiasimuseumindonesia.org/artikel/sosok-figur/53-museum-perjuangan-rakyat-jambi.html
Comments
Loading...