Museum Penataran Blitar

0 122

Lokasi Museum Penataran 

Museum ini terletak di Jalan Penataran No. 11 Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.

Museum Penataran 

Pada awalnya Museum Penataran ini bernama Museum Blitar. Museum Blitar tersebut bukanlah merupakan sebuah museum dalam arti yang sebenarnya, tetapi hanya merupakan Balai Penyelematan Benda-Benda Purbakala yang berfungsi untuk menampung benda purbakala hasil temuan dari wilayah Kabupaten Blitar.

Museum ini dirintis sejak kurang lebih tahun 1866 oleh Bupati Blitar yang bernama Warsokusumo. Semula museum ini terletak di komplek Pendopo Kabupaten Blitar. Kemudian demi memanfaatkan fungsi museum secara maksimal yaitu pusat pendidikan, penelitian dan rekreasi, maka Museum Blitar dipindahkan ke lokasi kawasan wisata Penataran sekitar tahun 1999 dan akhirnya diberi sebutan Museum Penataran. Museum Penataran ini mempunyai 3 jenis koleksi yaitu koleksi arkeologi, ethnografi dan numismatik.

Koleksi Museum Penataran

Koleksi Arkeologi, koleksi arkeologi ini merupakan peninggalan benda budaya yang dipengaruhi oleh unsur kebudayaan Hindu. Koleksi arkeologi Museum Penataran berasal dari masa Indonesia Kuno atau lebih popular dengan sebutan “Indonesia Klasik”. Koleksinya terdiri dari arca-arca Dewa Hindu yang meliputi arca, prasasti, relief dan unsur-unsur bangunan.

Koleksi Ethnografi, koleksi ethnografi adalah benda budaya yang berasal dari berbagai kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Blitar. Benda tersebut bersifat tradisional yang mempunyai arti, fungsi dan kegunaan bagi masyarakat pendukungnya dari masa silam hingga sekarang masih digunakan. Koleksi etnografi Museum Penataran terdiri dari berbagai peralatan transportasi, peralatan mata pencaharian hidup, termasuk peralatan rumah tangga.

Koleksi Numismatik, koleksi numismatik adalah koleksi yang berupa uang. Koleksi numismatic Museum Penataran yaitu koleksi mata uang logam Cina dan koleksi uang kertas.

Source Museum Penataran Blitar
Comments
Loading...