Museum Pedati Kuno Indramayu

0 47

Museum Pedati Kuno

Museum pedati kuno yang terletak di belakang Kantor Balai Desa Kaliannyar, Kecamatan Kerangkeng, Kabupaten Indramayu.

Meskipun pada awalnya berfungsi sebagai pengangkut barang biasa, nilai historis pedati kuno ini sangat berperan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia yang agraris. Saat ini, pedati tersebut dipajang di atas lahan ± 50 m² dan disimpan dalam bangunan panggung bercungkup tanpa dinding beratapkan prisma segi empat. Selain filosofi budayanya, pedati kuno ini juga menarik dari sisi fisiologinya.

Kondisi pedati sudah sangat rusak. Panjang pedati diukur dari rangka dasar utama, sekitar 3 m hingga 5 m. Tinggi bagian dasar dari permukaan tanah adalah sekitar 80 cm. Roda pedati berdiameter 2 m dengan jari-jari sebanyak 15 buah, berporos pada sumbu roda. Sumbu roda pada tiap roda berbentuk silinder, pada kedua ujungnya berbentuk tabung. Ujung sumbu bagian sisi luar atau tempat jari-jari berporos, lebih besar bila dibandingkan dengan ujung sumbu sisi bagian dalam yang dipasangkan dengan as roda. Sumbu roda diukir pola garis memanjang.

Bagian lain yang masih tersisa utuh adalah lengan kayu yang menghubungkan pedati dengan hewan penariknya beserta kayu berbentuk lengkung yang biasa diletakan di atas bahu hewan penariknya (kolongan). Berdasarkan sisa bagian kolongan dapat diperkirakan hewan penariknya adalah satu ekor sapi atau kerbau. Pedati kuno juga dilengkapi kursi tempat duduk berlengan. Bagian lengan dan kaki kursi dihias ukiran. Beberapa bagian lain yang tersisa diukir dengan ragam hias sulur-suluran. Ragam hias demikian dipergunakan pada seluruh bagian badan pedati. Papan yang mungkin merupakan bagian muka, belakang, atau samping terdapat hiasan sulur-suluran.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/07/26/wisata-sejarah-di-indramayu-jawa-barat/
Comments
Loading...