Museum Palagon / Museum Isdiman Ambarawa

0 88

Museum Palagan Ambarawa atau lebih di kenal dengan Museum Isdiman yaitu merupakan tempat yang sengaja di buat untuk mengenang gugurnya Letkol Isdiman yang di abadikan sejarahnya karena di dalam museum tersebut banyak berbagai peninggalan alat tempur yang di gunakan Tentara Jepang dan Tentara Belanda untuk bertempur.  Letak Museum ini di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Museum Isdiman dan Monumen Palagan Ambarawa didirikan pada 15 Desember 1973 dan diresmikan pada 15 Desember 1974 oleh Presiden RI ke-2 yakni Presiden Soeharto. Di museum ini para pengunjung juga dapat melihat langsung seragam yang di pakai oleh Tentara Jepang, Tentara Belanda maupun seragam Tentara Indonesia yang di pakai pada masa itu. Kemudian lukisan-lukisan dan maket teknik supit urang. Serta senjata senjata perang Tentara Jepang, Tentara Belanda maupun senjata perang Tentara Indonesia yang seadanya. Di tempat ini juga terdapat Helm Baja, Bom Molotov, Bambu Runcing dan benda benda lainnya.

Di luar museum para pengunjung dapat melihat langsung benda benda bersejarah lainnya seperti Tank Kuno, Truck, Mobil Angkut, Pesawat Mustang P-15, dan Kereta Api dengan lokomotif kuno buatan Jerman tahun 1902. Selain museum yang paling menarik adalah para pengunjung dapat melihat langsung pesawat “Mustang P-15″(Cocor Merah), Pesawat Mustang P-15 ini letaknya di sebelah monumen. Pesawat berawak satu ini merupakan pesawat pemburu yang memiliki roket delapan buah dan bom dua buah. Pesawat ini di buat oleh Amerika dan di pakai oleh Tentara Belanda dalam peperangan untuk melawan dan menghancurkan TKR Indonesia. Pesawat tersebut akhirnya berhasil di tambak jatuh oleh pasukan TKR Indonesia dan pesawat tenggelam ke dalam Rawa Pening”. 

Selain benda benda di sekitar museum dan monumen Palagan Ambarawa juga memiliki taman yang indah dan menarik juga unik. Sekeliling tugu di hiasi air mancur yang menawan dan pagarnya di hiasi lampu yang unik. Anda dapat melihat langsung air mancur dan lampu hias yang menyala indah pada sore hari menjelang petang hingga malam hari.

Museum ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 wib. Untuk biaya masuknya pada hari biasa hanya Rp. 4.000* sedangkan hari minggu dan hari besar biaya tiket masuknya Rp. 5.000*.

Source Museum Palagon / Museum Isdiman Ambarawa Museum Isdiman
Comments
Loading...