Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tenggara

0 85

Lokasi Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tenggara

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tenggara terletak di Jl. Abunawas, Bende, Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93461.

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tenggara

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan museum milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara yang diharapkan menjadi lembaga penelitian, studi dan tempat pelestarian benda-benda warisan budaya bangsa serta sebagai pusat informasi yang bersifat edukatif kultural .

Pembangunan Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tenggar berawal dengan adanya proyek nasional. Proyek tersebut mencanangkan pembangunan museum di seluruh Indonesia. Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Direktorat Permuseuman, melaksanakan pembangunan museum secara bertahap melalui program Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita). Pada 1978/1979 dialokasikan anggaran untuk mendirikan museum tersebut. Kemudian mulai dibangun secara bertahap sejak tahun 1981.

Setelah beberapa gedung museum selesai, maka Museum Provinsi Sulawesi Tenggara diresmikan pada tanggal 9 Januari 1991 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 001/0/1991. Dalam SK tersebut menyatakan bahwa museum sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPTD) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Meski museum telah diresmikan pada tahun 1991, akan tetapi pembangunan fisik museum masih terus dilakukan hingga tahun 1994. Gedung yang dibangun pada saat itu adalah gedung pameran tetap seluas 900 m²melalui anggaran kegiatan tahun 1994/1995.

Source http://kekunaan.blogspot.co.id/ http://kekunaan.blogspot.co.id/2014/11/museum-negeri-provinsi-sulawesi-tenggara.html
Comments
Loading...