Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tengah

0 400

Lokasi Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tengah

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tengah terletak di Jalan Lombok Lorong I No.27, Kamonji, Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah 94111.

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tengah

Berdirinya Museum Sulawesi Tengah diawali hasil penjajakan yang dilakukan oleh salah seorang budayawan Sulawesi Tengah, Masyhuddin Masyuda BA. Gagasan beliau untuk mendirikan museum dituangkan dalam tulisan berjudul “Perspektif Pembangunan Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tengah” yang dipresentasikan pada penataran ilmu permuseuman di Museum Nasional tahun 1975.

Adanya keinginan yang kuat untuk menyelamatkan warisan budaya, maka pada tahun yang sama mulai dirintis usaha pengumpulan koleksi melalui bantuan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah. Saat ini pembinaan Museum Sulawesi Tengah dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah.

Koleksi Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tengah hingga tahun 2005 berjumlah 7398 terdiri dari berbagai jenis berupa benda-benda: geologi, biologi, etnografi, arkeologi, histori, numismatic, filologi, keramik, seni rupa, dan teknologi modern.

Source http://asosiasimuseumindonesia.org/gagasan/2-single-articles/285-museum-negeri-provinsi-sulawesi-tengah.html http://asosiasimuseumindonesia.org/gagasan/2-single-articles/285-museum-negeri-provinsi-sulawesi-tengah.html
Comments
Loading...