Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

0 258

Lokasi Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum ini terletak di Jalan Panji Tilar Negara No. 6 Kelurahan Kekalik Jaya, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat mulai dirintis pembangunannya sejak tahun 1976/1977. Pada tahun tersebut, Nusa Tenggara Barat memperoleh dana pembangunan dengan nama Proyek Rehabilitasi Museum Nusa Tenggara Barat.

Berdasarkan proyek tersebut berarti di dalamnya tersirat semacam pengakuan bahwa di Nusa Tenggara Barat telah ada museum yang perlu direhabilitasi dan diperluas. Maka pada tahun 1976/1977 sampai dengan 1980/1981, pembangunan prasarana gedung museum satu per satu dilaksanakan sampai akhirnya terwujudlah museum tingkat provinsi di Nusa Tenggara Barat, yang diberi nama Museum Negeri Nusa Tenggara Barat.

Kelembagaan museum ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 022/0/1/1092 tanggal 21 Januari 1982. Peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 1982 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kala itu, yaitu Bapak Dr. Daoed Yoesoef.

Museum yang memiliki luas areal 8.613 m² ini sampai saat ini mempunyai koleksi sebanyak 7.698 buah. Koleksi tersebut dalam pengelolaannya di Museum Negeri Nusa Tenggara Barat diklasifikasikan berdasarkan kriteria tertentu, yaitu menurut disiplin ilmu, sub disiplin, dan atau yang bersifat konvensi (kesepakatan yang tidak tertulis). Kriteria lain yang dapat digunakan untuk klasifikasi koleksi adalah berdasarkan jenis, bahan, asal daerah, dan kronologi. Klasifikasi tersebut dilakukan, bertujuan untuk menciptakan pengelompokkan dan mempermudah dalam pengelolaan dan penelitian koleksi sehingga koleksi dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pendidikan, studi maupun rekreasi.

Koleksi Museum Negeri NTB

Semua benda yang menjadi koleksi Museum Negeri Nusa Tenggara Barat memiliki nilai sejarah, nilai seni, dan pengetahuan yang terkait dengan perjalanan kehidupan masyarakat, sehingga pada umumnya merupakan benda cagar budaya yang perlu dilindungi berdasarkan UU RI Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Koleksi-koleksi di Museum Negeri Nusa Tenggara Barat dikelompokkan dalam beberapa jenis koleksi, yaitu: geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika dan heraldika, filologika, keramologika, seni rupa, teknologika dan lain-lain.

Source Museum Negeri Nusa Tenggara Barat NTB
Comments
Loading...