Museum Mobil Sentul Bogor

0 208

Lokasi Museum Mobil Sentul

Museum Mobil Sentul terletak di Sirkuit Sentul Km No.42, Cijayanti, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810.

Museum Mobil Sentul

Di Museum Mobil Sentul ini terdapat berbagai jenis koleksi baik mobil ataupun motor unik, antik serta langka. Museum ini resmi dibuka sudah hampir 16 tahun lebih beroperasi. Penggagas berdirinya museum ini adalah hasil buah pikir dan kolaborasi antara Gunawan Chandra dan Tinton Suprapto. Tujuan awal dibangun lokasi ini bukan hanya sekedar museum mobil semata melainkan museum mobil yang sarat akan cerita bersejarah di dalamnya.

Di dalam museum ini terdapat salah satu mobil unik yang bersejarah yaitu mobil bekas milik Dewi Soekarno yang merupakan Chrysler Imperial Crown Le Baron keluaran tahun 1962. Mobil sedan dengan empat pintu ini memiliki mesin V8 ini ternyata sudah mengadopsi transmisi Automatic Torquefielte A-727. Tenaga yang dihasilkan saat itu diklaim mencapai 340 dk. Terdapat pula fitur-fitur lain yang cukup memadai, mulai dari power steering, power window, AC serta sebuah head unit.

Selain mobil milik Dewi Soekarno terdapat pula mobil milik Gubernur DKI yang paling tersohor yaitu mobil milik Ali Sadikin. Koleksi milik Bapak Ali Sadikin ini berupa mobil Chrysler New York tahun 1962. Selain itu juga ada mobil milik mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Tri Sutrisno yaitu mobil sedan Volvo berbelut warna biru dongker tahun 1988.

Di museum ini terdapat banyak mobil-mobil legendaris yang cukup ternama pada masanya, seperti Dodge Fargo lansiran tahun 1956, Buick Roadmaster serta sedan tahun 1954, Chevrolet Bel-Air 1957, namun rekor tertua mobil yang di milik museum ini adalah Austin Seven Tourer buata Inggris yang dirilis pada tahu 1933.

Di tempat ini para pengunjung hanya dapat melihat-lihat koleksi yang ada di museum ini karena pengunjung tidak diizinkan untuk menaiki atau hanay sekedar membuka pintu mobil-mobil. Berkunjung ke museum mpbil ini para pengunjung akan mendapatkan banyak wawasan tentang otomitif terutama yang ada di masa lampau. Tidak hanya mobil-mobil antik saja, di lokasi ini juga terdapat berbagai motor unik dan antik. Bahkan para pengunjung juga dapat menikmati aneka macam bentuk serta produk keramik yang memiliki nilai tinggi.

Museum Mobil Sentul ini akan terus berupaya untuk menambah koleksinya bahkan museum ini mengundang para kolektor mobil atau motor antik dan klasik untuk menitipkan mobil atau motornya di museum ini. Perlu diketahui bagi para pengunjung, berbagai jenis mobil dan motor di museum ini semuanya masih dalam kondisi layak jalan. Karena menurut General Manager Sirkuit Internasional Sentul ini mengungkapkan bahwa koleksi mobil di museum ini masih dalam keadaan baik bahkan setiap beberapa bulan sekali mobil-mobil ini dilakukan service, seperti penggantian oli.

Source https://www.tempat.co.id/ https://www.tempat.co.id/wisata/Museum-Mobil-Sentul
Comments
Loading...