Museum MH. Thamrin Jakarta

0 127

Lokasi Museum MH. Thamrin

Museum MH. Thamrin terletak di Jl. Kenari II No.15, RW.4, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430.

Museum MH. Thamrin

Gedung Museum MH. Thamrin dibangun sejak abad ke-19. MH. Thamrin membeli gedung ini dari seorang Belanda bernama Meneer De Has kemudian dihibahkan untuk kepentingan kaum pergerakan kepada organisasi PPPKI (Pemufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia) dan diberi nama Gedung Pemufakatan Indonesia.

Gedung yang beralamat di Jalan Kenari II No 15 Jakarta Pusat ini selain sebagai tempat rapat-rapat dan musyawarah menuju kemerdekaan Republik Indonesia, juga mempunyai peranan penting dengan lahirnya lagu kebangsaan Indonesia yang konsepnya dibuat di gedung ini oleh WR. Supratman. Setelah kemerdekaan, pada tahun 1960-1964 gedung MH. Thamrin dipergunakan sebagai tempat pendidikan Kepamong-Prajaan dan pada malam hari tahun 1966-1977 sebagai tempat kuliah Universitas Jakarta (sekarang UNJ), kemudian siang harinya untuk belajar siswa-siswi SMA hingga 1984.

Pada masa Gubernur R. Suprapto, gedung ini dipugar sebagaimana aslinya dan difungsikan untuk berbagai kegiatan kaum Betawi. Pemerintah DKI Jakarta melalui Dinas Museum dan Sejarah menjadikan gedung ini sebagai bagian dari Museum Joang 45 dengan peranan mendokumentasikan perjuangan MH Thamrin.

Moehammad Hoesni Thamrin adalah seorang putra Betawi yang lahir di Sawah Besar pada tanggal 16 Februari 1894, dibesarkan di lingkungan yang taat pada agama Islam. Sampai meninggalnya pada tanggal 11 Januari 1941, MH. Thamrin telah banyak berjasa kepada bangsa dan negara. Maka atas jasa-jasanya beliau ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional, dan namanya diabadikan sebagai nama jalan yang sekarang lebih terkenal di Jakarta dari pada Gedung atau Museum yang banyak meninggalkan jejak-jejak perjuangannya.

Museum MH. Thamrin menyimpan banyak koleksi foto-foto kiprah perjuangannya, dan foto suasana kota Jakarta tempo dulu. Ada juga koleksi radio yang dulu digunakan oleh MH. Thamrin, blankon, piring hias, meja kursi, dan kepustakaan yang meliputi buku-buku naskah tentang Mohammad Hoesni Thamrin dan pidato-pidatonya di Volksraad.

Source blogspot.co.id http://museumthamrin.blogspot.co.id/
Comments
Loading...