Museum Meriam Jepan Balikpapan

0 48

Museum Meriam Jepan Balikpapan

Berada dikawasan Asrama Bukit Kelurahan Kampung Baru Ilir (Sidodadi) kurang lebih 8 km dari pusat kota. Meriam ini menggambarkan bahwa saat perang dunia II merupakan tempat strategis untuk bertahan. Luas area kurang lebih 2.500 m2, dan dari tempat ini dapat dilihat pemandangan Kota Balikpapan yang tertutup rimbunan pepohonan. Untuk dapat menuju lokasi ini dapat dicapai dengan angkutan kota no.5 dan no.6.

Meriam Jepang merupakan peninggalan kaigun, agkatan laut yang ada pada masa perang dunia ke II. Meriam itu dibuat tahun 1935 di Yokohama, Jepang. Panjang laras meriam 9 meter dengan diameter 55 cm. Meriam tersebut dibawa ke Balikpapan pada 1 Maret 1942 dan dipasang di bukit Markoni pada 15 mei 1942. Meriam tersebut terdapat dua buah dan digunakan untuk senjata pertahanan Jepang terhadap Belanda dalam memperebutkan sumur minyak yang berada di Balikpappan

letak meriamnya pun sangat strategis, karna disana kita dapat melihat pemandangan kota Balikpapan, Kilang Minyak dan Teluk Balikpapan yang dimana pada saat itu memudahkan pihak jepang dalam melakukan perlawanan terhadap belanda. Dalam sejarahnya pun dikatakan bahwa meriam tersebut berhasil menewaskan ratusan tentara Australia pada saat melakukan pendaratan.

Source http://visitkaltim.id http://visitkaltim.id/attraction/museum-meriam-jepan-balikpapan
Comments
Loading...