Museum Mandhilaras Pamekasan

0 119

Lokasi Museum Mandhilaras

Museum Mandhilaras terletak di Jalan Cokroaminoto No. 1 (Kompleks Area Monumen Arek Lancor) Kelurahan Barurambat Kota, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur.

Museum Mandhilaras

Berdirinya museum ini tidak terlepas dari prakarsa beberapa tokoh masyarakat yang berasal dari beberapa bidang seperti dari seniman dan budayawan serta bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Budaya dan Olahraga khususnya yang bergerak di bidang budaya, seksi pelestarian dan pemiliharaan kepurbakalaan.

Museum ini dinamakan Mandhilaras, mengambil dari sejarah kebesaran yang ada di Kabupaten Pamekasan yang representasinya adalah Kraton Mandhilaras yang dikenal pada abad ke-16 ketika Panembahan Ronggosukowati mulai memindahkan pusat pemerintahan dari Kraton Labangan Daja ke Kraton Mandhilaras.

Koleksi senjata yang ada di museum ini berupa keris dan tombak. Keris sebanyak 6 buah di antaranya adalah keris Madura. Keris ini terbuat dari besi, dapurnya baru rambat Pamekasan dengan pamor biji pala. Keris Madura ini diciptakan oleh seorang empu yang bernama Citra Nala (murid Ki Murkali) di zaman Ronggosukowati. Keris Mataram, dapur semampir dengan luk 11, pamor tirto tumetes dan tangguh Madura.

Keris Mataram ini diciptakan pada zaman Sultan Agung ketika berkuasa di tanah Madura, dan keris dengan dapur Majapahit yang memiliki pamor kuku tancang kinata emas. Selain itu, terdapat 2 koleksi tombak di museum ini. Tombak Ki Aryo terbuat dari kulit kertas dan berukuran pendek. Tombak Ki Aryo ini merupakan peninggalan Aryo Menak Senoyo yang senantiasa menemani selama melakukan syiar Islam di Parupuh, Pamekasan. Sedangkan, tombak Madura yang terbuat dari besi memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan tombak Ki Aryo. Tombak Madura ini, dibuat di daerah Pekong pada zaman awal Majapahit, yang merupakan senjata pengawal kerajaan.

Source http://kekunaan.blogspot.co.id/ http://kekunaan.blogspot.co.id/2013/12/museum-mandhilaras-pamekasan.html
Comments
Loading...