Museum Kipahare Sukabumi

0 213

Lokasi Museum Kipahare

Museum Kipahare terletak di Jl. Baros, Baros, Sukabumi, Jawa Barat 43161.

Museum Kipahare

Museum Kipaharé didirikan sebagai upaya untuk melestarikan peninggalan budaya masyarakat masa lalu yang ada di Sukabumi khususnya, selain sebagai penangkal eksistensi pengaruh budaya asing yang dapat merusak kelestarian budaya sendiri, museum Kipaharé juga diharapkan menjadi media pembelajaran bagi masyarakat tentang budaya serta dapat dijadikan sebagai obyek wisata berbasis kearifan lokal. Berbagai koleksi yang dipamerkanakan menghiasi setiap ruang yang digunakan. Mulai dari peralatan dapur tradisional sunda, alat kesenian, alat pertanian, peninggalan purbakala, senjata pusaka dan berbagai peninggalan-peninggalan pada masa kolonial. Selain itu, museum kipaharé juga dilengkapi dengan perpustakaan.

Secara berkala dan berkesinambungan, koleksi yang dimilik oleh museum akan terus bertambah. Hal inimerupakankeharusan agar tidak monoton dan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk terus berkunjung. Karena museum dalam menjalankan atifitasnya mengutamakan dan mementingkan penampilan koleksi yang dimilikinya. Setiap koleksi merupakan bagian integral dari kebudayaan dan sumber ilmiah, hal itu juga mencakup informasi mengenai objek yang ditempatkan pada tempat yang tepat. Selain itu, museum kipaharé juga diharapkan dapat menyajikan suatu gambaran komprehensif mengenai warisan budaya, aspek-aspek kesejarahan maupun sejarah alam.

Museum Kipahare telah mendapatkan ijin penyelenggaraan museum Nomor : 432.1 / 115 / Setdis P dan K / I/ 2017 dan diresmikan oleh Walikota Sukabumi pada tanggal 25 Maret 2017.

Source Museum Kipahare Sukabumi Jawa Barat
Comments
Loading...