Museum Khusus Sunan Drajat

0 334

Lokasi Museum Khusus Sunan Drajat

Museum ini terletak di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Museum Khusus Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat adalah Museum Khusus yang menyimpan benda-benda peninggalan Sunan Drajat yang biasanya digunakan sebagai sarana syiar agama Islam, serta benda bersejarah lainnya. Difungsikan pada 30 Maret 1992, dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Museum Sunan Drajat ini didirikan pada tahun 1991 namun baru baru difungsikan pada 30 Maret 1992. Bangunannya dibuat di atas lahan seluas 4 hektar. Museum yang terdiri dari satu lantai ini status kepemilikan tanahnya adalah milik pemerintah. Museum ini memiliki koleksi perunggu, keramik, kayu jati, terakota, batu besi, kulit, kuningan, baja kertas, lontar dan bambu, aluminium, logam, buku dan kertas, kain, bedug. Untuk akses jalan ke museum tersebut cukup melewati jalur utama dari dari Lamongan, yaitu Jl. Sumberwudi.

Koleksi Museum Sunan Drajat :

  1. Gamelan Singo MengkokSeperangkat Gamelan Sebagai Syiar Agama Islam Di Daerah Paciran Kec. Paciran. Ditabuh Para Sahabat Sunan Drajat Megiringi Tembang Pangkur (Panguri Isine Qur’an) Ciptaan Sunan Drajat. Ukiran Singo Mengkok (Singo Yang Duduk Dengan Sikap Siap Menerkam). Kesenian Ini Adalah Sebuah Akulturasi Dari Budaya Hindu/Budha Dan Islam, Mengingat Masyarakat Sekitar Adalah Pemeluk Agama Hindu, Agar Mudah Diterima Masyarakat Sehingga Gamelan Tersebut Dinamakan Singo Mengkok Sebagai Lambang Kearifan, Kelembutan, Nafsu Dan Kesempurnaan Manusia.
  2.  Batik drajatBatik Drajat adalah rangkaian motif dan perlambang flora dan fauna yang mempunyai makna hubungan fertikal dan horizontal.
  3. Daun LontarDaun Lontar berhuruf Jawa Baru berisi Surat Yusuf dalam bentuk tembang mocopat.

Fasilitas Museum Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat ini terdapat banyak fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap dan memiliki area parkir yang sangat luas. Selain itu didalam museum ini juga terdapat sebuah toilet umum dan terdapat juga rumah makan di sekitar museum.

Source Museum Khusus Sunan Drajat Jawa Timur
Comments
Loading...