Museum Kesultanan Bulungan Tarakan Kalimantan Utara

0 30

Museum Kesultanan Bulungan Tarakan Kalimantan Utara

Museum Kesultanan Bulungan terletak pada Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Museum ini bisa dibilang sangat dekat dengan kota Tanjung Selor, tetapi untuk bisa sampai ke museum tersebut harus menyeberang sungai memakai perahu ataupun speedboat, sebab Kecamatan Tanjung Palas Tengah serta Kota Tanjung Selor dipisahkan dengan sungai kayan, apabila anda berada di Kota Tanjung Selor, anda dapat melihat Kecamatan Tanjung Palas Tengah, begitupun sebaliknya.

Dahulu kala Tanjung Palas daerahnya sangat ramai serta maju dibandingkan dengan Kota Tanjung Selor, tetapi semakin lama dengan adanya investor, Tanjung Selor lebih maju dibandingkan dengan Tanjung Palas. Untuk dapat sampai ke Tanjung Palas Tengah dari Tanjung Selor, bisa memakai perahu dengan biaya 4 ribu dan perjalanannya kurang lebih sekitar 5 hingga 10 menit.

Di Museum Kesultanan Bulungan ini mempunyai beberapa peninggalan pada masa kesultanan, disana terdapat singasananya raja, tempat tidur, peralatan sehari-hari, sisilah raja, meja makan dan masih banyak yang lainnya, semua peninggalan tersebut tersusun sangat rapi serta apik pada museum ini, anda juga akan melihat foto-foto raja serta foto pertemuan para raja, selain daripada itu di depan museum terdapat sebuah meriam peninggalan kesultanan yang menghadap ke Kota Tanjung Selor, mungkin pada masanya dipakai sebagai pertahanan dari musuh.

Selain terdapat beberapa barang peningalan kesultanan, ada juga koleksi buku islam, Kesultanan Bulungan ini sangat kuat dalam beragama yakni agama islam. Alangkah baiknya apabila barang-barang peninggalan Kesultanan Bulungan tersebut dapat terjaga dan terpelihara dengan baik, walaupun diterjang derasnya perkembangan zaman.

Source https://hello-pet.com https://hello-pet.com/wisata-kalimantan-utara-2043521
Comments
Loading...