situsbudaya.id

Museum Kesehatan Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

0 52
Lokasi Museum Kesehatan Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat

Museum ini terletak di Jalan Ahmad Yani No. 1 Desa Sumberporong, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Lokasi museum ini berada di lingkungan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat, atau tepat berada di samping Playgorup atau TK Dharma Wanita Persatuan RSJ Dr. Radjiman.

Museum Kesehatan Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat

Keberadaan museum ini terkait dengan perjalanan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat yang berdiri pada 23 Juni 1902. Idenya berawal pada waktu RSJ memasuki usia satu abad, ketika RSJ mengadakan pameran perjalanan RSJ dengan berbagai koleksi yang dimilikinya di Pendopo RSJ. Dari situlah, jajaran direksi mempertimbangkan untuk mendirikan sebuah museum yang bisa menampung koleksi yang dimiliki RSJ. Karena selama koleksi-koleksi RSJ hanya ditempatkan di sebuah gudang saja, tanpa diketahui masyarakat umum dan menjadi kumuh.

Dengan menempati bangunan kuno yang berada di lingkungan RSJ ini, Museum Kesehatan Jiwa RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat diresmikan bertepatan dengan HUT RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat yang ke-107 (23 Juni 2009) oleh Direktur Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI, Dr. Farid Husein, MPH.

Pengumpulan benda-benda kuno ini sebenarnya sudah lama dilakukan, terutama keluarga besar RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat dalam upaya mewujudkan cita-cita luhur merangkaikan kembali sejarah melalui media benda-benda kuno dan dokumen pendukung sebagai bukti perjalanan sejarah perkembangan kesehatan jiwa di Indonesia.

Tujuan dari pendirian museum ini adalah sebagai wahana bagi semua yang peduli untuk merangkaikan kembali berbagai kepingan kisah yang terserak, untuk merekatkan kembali berbagai serpihan artefak yang terkoyak, dan untuk tanpa henti memahami serta mensyukuri keberadaan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat sebagai bagian penting sejarah kesehatan jiwa di Indonesia yang panjang, unik, dan dinamis.

Ruangan Museum Kesehatan Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat

Museum ini mempunyai beberapa ruangan. Ruang Tamu, di dalam ruangan ini berisi documentary story board terpampang di dinding sebagai salah satu keping penting mozaik sejarah kesehatan mental di Indonesia, biografi Dr. Radjiman Wdiodiningrat, denah alur pengunjung museum, prasasti peresmian, dan banner berupa jam kunjung museum. Ruang Direktur, ruang ini menampilkan seperangkat ruang kerja Direktur RSJ tersebut. Ada meja terbuat dari kayu jati pilihan yang dulu pernah digunakan oleh direktur RSJ, lengkap dengan kursinya. Di atasnya terdapat mesin ketik dan telepon zaman dulu, serta lonceng kecil yang digunakan untuk memanggil bawahannya.

Ruang Rahabilitasi, Ruangan ini menampilkan koleksi-koleksi yang berhubungan dengan program rehabilitasi yang dilakukan oleh RSJ pada waktu itu. Semua orang memiliki bakat dan kemampuan, tak terkecuali penyandang gangguan jiwa. Membantu mereka agar mampu mempertahankan kemampuannya yang tersisa dan memanfaatkannya untuk kelangsungan hidup, adalah kewajiban kita semua.

Source Museum Kesehatan Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Jawa Timur
Comments
Loading...