Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH Surabaya

0 240

Lokasi Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH

Museum ini terletak di Jalan Indrapura No. 17 Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH

Museum ini diresmikan pada tanggal 14 September 2004 oleh dr. Sujudi, Menteri Kesehatan, pada saat itu. Museum ini dirintis sejak tahun 1990 oleh Dr.dr. Harijadi Soeparto, DOR. M.Sc., yang ihwalnya bermula dari mengoleksi barang/sarana kesehatan lama yang telah dihapus. Barang koleksi makin bertambah dari sumbangan para dermawan dan temuan para peneliti di lapangan yang meliputi daerah-daerah Indonesia. Upaya kegiatan saat itu dilakukan para sukarelawan tanpa anggaran dinas.

Permasalahan kesehatan yang dipaparkan bukan hanya yang berhubungan dengan teknologi modern saja, melainkan banyak koleksi tradisional (asli) yang merupakan budaya kesehatan bangsa Indonesia.

Koleksi Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH

Koleksi Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH

 

Museum ini memiliki ratusan koleksi peralatan dan perlengkapan yang berhubungan dengan masalah kesehatan maupun kedokteran yang pernah dipergunakan di Indonesia. Koleksi museum ini dipamerkan di bekas gedung tua milik Kementerian Kesehatan, di mana ruang pameran dinamakan sasana. Sasana yang ada di museum ini meliputi :

Sasana Pendidikan dan Organisasi Kesehatan, sasana ini berisi koleksi museum yang berkenaan dengan pendidikan dan profesi petugas kesehatan tempo dulu, seperti SK Pengangkatan Perawat, Pakaian Petugas Kesehatan, atau struktur organisasi kesehatan kala itu.

Sasana Alat Non Medis, sasana ini menampilkan koleksi museum yang berhubungan dengan sarana dan prasarana penunjang kesehatan yang ada di tanah air ini, seperti alat perkantoran di lingkungan rumah sakit hingga kendaraan yang dipakai petugas kesehatan dalam memberantas malaria.

Sasana Alat Medis, ssasana ini memamerkan koleksi museum yang berkaitan dengan alat-alat medis yang digunakan di lingkungan rumah sakit saat itu.

Sasana Flora dan Fauna, sasana ini berisi koleksi museum yang berkenaan dengan jenis hewan yang mempengaruhi kesehatan maupun tumbuh-tumbuhan yang berhubungan dengan kesehatan manusia.

Sasana Daur Ulang, sasana ini menampilkan koleksi museum yang berhubungan dengan sejumlah alat-alat kesehatan yang “disulap” menjadi alat-alat yang berguna bagi manusia dan aman untuk dipergunakan.

Sasana Penyembuhan Tradisional, sasana ini memamerkan koleksi museum yang berkaitan dengan perlengkapan dan metoda penyembuhan secara tradisional sebelum kemunculan dunia modern kedokteran.

Sasana Genetika, sasana ini menampilkan koleksi museum yang berhubungan dengan pengetahuan masalah genetika baik secara medis kedokteran maupun antropologis. Sejumlah aneka struktur silsilah dipamerkan dalam sasana ini.

Sasana Kencana, sasana ini memamerkan koleksi museum yang berkaitan dengan prestasi yang diperoleh dalam dunia kedokteran kita, termasuk ide-ide brilian para dokter tempo dulu. Sasana ini menampilkan sejumlah penghargaan yang terjadi dalam dunia kedokteran kala itu.

Source Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH Surabaya
Comments
Loading...