Museum Kandil Kemilau Emas Bangkinang

0 127

Lokasi Museum Kandil Kemilau Emas

Museum Kandil bertempat di Pulau Belimbing, Kecamatan Bangkinag, Kabupaten Kampar, Riau.

Museum Kandil Kemilau Emas

Museum Kandil Kemilau Emas adalah sebuah rumah berbentuk rumah Adat Lima Koto Kampar yang dibangun oleh Almarhum Haji Hamid, sekitar tahun 1900. Museum Kandil diresmikan penggunaannya pada tanggal 22 Mei 1988 di Pulau Belimbing Kuok Bangkinang.

Museum Kandil Kemilau Emas dikunjungi oleh berbagai wisatawan guna mengetahui dan mendalami pengetahuan tentang kebudayaan Kampar. Pesona Kabupaten Kampar juga dapat ditemukan di Museum Kandil karena memang selain bentuk museum yang unik, di museum juga tersimpan berbagai macam barang dan peninggalan bersejarah yang ada di Kampar.

Tersimpan berbagai macam barang antik yang memiliki nilai sejarah, seperti barang tembikar, alat pertukangan, alat pertanian, alat-alat penangkap ikan, alat-alat kesenian, alat-alat pelaminan, alat-alat perdagangan, alat pesta dan lain-lain.

Juga terdapat sebuah dayung perahu dagang yang terbuat dari kayu yang sangat kuat dimana sudah ada semenjak abad ke 18, dan juga ada sebuah kompas yang terbuat dari bambu yang dibuat bangsa China, hal ini terlihat dari angka-angka yang tertulis pada kompas, dimana tulisannya dalam bentuk aksara China.

Ada sekitar dua ratus lima puluh macam barang antik yang ada di Museum Kandil Kemilau Emas, barang-barang ini merupakan koleksi warisan turun temurun sebagai barang pusaka. Kampar yang memiliki banyak potensi alam juga menyimpan beragam khasanah kebudayaan daerah yang berkaitan dengan kebudayaan suku melayu yang terdapat di Provinsi Riau.

Source Museum Kandil Kemilau Emas Bangkinang Riau
Comments
Loading...