Museum Kamar Pengabadian RA. Kartini di Rembang

0 148

Museum Kamar Pengabdian RA. Kartini

 

Museum ini terletak di Jalan Gatot Subrotom Desa Kutoarjo, Kabupaten Rembang. Museum ini mampu menarik wisatawan karena menyimpan koleksi peninggalan salah satu pahlawan bangsa R.A Kartini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sejarah Berdirinya Museum Kamar Pengabadian RA. Kartini

Museum Kamar Pengabdian RA Kartini mulai didirikan pada tahun 1975 diprakarsai dari wakil-wakil warga Jepara dalam rangka menghormati perjuangan R.A Kartini sebagai perintis emansipasi wanita di Indonesia. Pada tahun 1977, museum ini kemudian diresmikan oleh Bupati Sudikto dan setelahnya dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara dibawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Uniknya, bangunan museum ini adalah bangunan asli yang pernah ditempati R.A Kartini bersama suaminya pada tahun 1889 hingga 1912. Hingga saat ini sebagian besar bangunan juga masih digunakan sebagai rumah dinas Bupati Kabupaten Rembang.

Koleksi Museum Kamar Pengabadian RA. Kartini

Ada berbagai macam koleksi peninggalan R.A Kartini yang dapat pengunjung nikmati di museum ini seperti keramik peralatan rumah tangga, ukiran kayu jati, tempat tidur, mesin jahit, meja makan beserta piring, tempat perawatan bayi, bothekan (tempat jamu), sepasang rono penyekat dari kayu yang merupakan hadiah dari ayah R.A Kartini dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat koleksi foto-foto R.A Kartini, lukisan serta informasi yang menceritakan jejak perjuangan R.A Kartini pada masa itu. Menariknya, pengunjung juga bisa melihat tulisan asli R.A Kartini pada kertas yang masih dalam kondisi baik serta buku Habis Gelap Terbitlah Terang.

Source Museum Kamar RA. Kartini
Comments
Loading...