Museum Jenderal Besar DR. A.H. Nasution Jakarta

0 211

Lokasi Museum Jenderal Besar DR. A.H. Nasution

Museum ini terletak di Jalan Teuku Umar No. 40 Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

Sejarah Museum Jenderal Besar DR. A.H. Nasution

Sejarah mencatat, bahwa pada tanggal 1 Oktober 1965 di tempat ini telah terjadi peristiwa dramatis yang hampir menewaskan Jenderal Besar DR. A.H. Nasution. Pada peristiwa tersebut, PKI dengan G 30 S-nya berupaya menculik dan membunuh Jenderal Besar DR. A.H. Nasution, yang saat itu menjabat Menko Hankam/KASAB. Namun beliau berhasil menyelamatkan diri dan luput dari pembunuhan, tetapi putri kedua beliau yang bernama Ade Irma Suryani Nasution dan ajudannya Lettu Czi Pierre Tendean gugur dalam peristiwa tersebut.Sosok Jenderal Besar DR. A.H. Nasution merupakan tokoh militer dan negarawan yang tidak asing bagi bangsa Indonesia bahkan diakui dunia internasional, karena sepanjang hayatnya beliau telah menorehkan karya juang dan pengabdian serta pengorbanan yang tidak sedikit bagi bangsa dan negaranya. Baik pada masa perjuangan kemerdekaan maupun pada saat mengisi kemerdekaan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya penghargaan yang telah beliau terima, baik dari dalam maupun luar negeri. Sehingga beliau memiliki berbagai benda-benda koleksi bernilai sejarah tinggi yang patut untuk dipelihara dan dilestarikan, agar generasi penerus bangsa dapat memetik nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Benda-benda peninggalan Jenderal Besar DR. A.H. Nasution tergolong memiliki nilai-nilai historis yang perlu dilestarikan dan diwariskan kepada generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, untuk menyimpan, merawat dan memeliharanya diperlukan museum sebagai sarana kegiatan fungsional yang khas sebagai lembaga kultural edukatif, pusat dokumentasi dan informasi, inspiratif serta menjadi pusat studi dan rekreasi bagi kepentingan publik.

Dalam konteks pelestarian koleksi benda-benda bernilai sejarah dari Jenderal Besar DR. A.H. Nasution tersebut, maka Angkatan Darat menjadikan kediaman Jenderal Besar DR. A.H. Nasution sebagai Museum Jenderal Besar DR. A.H. Nasution. Hal ini diperkuat dengan dikeluarkannya Surat Perintah dari Kasad dengan Nomor Sprin 1459/VIII/2007 tanggal 14 Agustus 2007 tentang pembentukan Museum Jenderal Besar DR. A.H. Nasution.

Sebagai realisasi dasar surat perintah tersebut maka dimulailah renovasi dan penataan kediamann Jenderal Besar DR. A.H. Nasution sejak bulan Juli 2007 sampai dengan November 2008. Pada tanggal 3 Desember 2008 bertepatan dengan hari kelahiran beliau, yaitu pada tanggal 3 Desember 1918, Museum Jenderal Besar DR. A.H. Nasution diresmikan oleh Presiden RI DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Source Museum Jenderal Besar DR. A.H. Nasution Jakarta Jakarta
Comments
Loading...