Museum Istiqomah Buding Belitung Timur

0 142

Lokasi Museum Istiqomah Buding Belitung Timur

Museum Istiqomah Buding Belitung Timur terletak di Desa Buding, Kecamatan Kelapakampit, Belitung Timur. 

Museum Istiqomah Buding Belitung Timur

Tampak depan Museum Istiqomah Buding Belitung Timur yang terlihat seperti rumah penduduk biasa. Yang membedakannya adalah adanya tugu papan nama museum, yang berbunyi “MUSEU_ ISTIQOM_H, D_SA BUDING, KELAPA K_M_IT, BEL_T__ G __ MUR”. Huruf-huruf yang ada di tugu papan nama museum itu memang sudah banyak yang hilang dan belum diperbaiki.

Tidak jelas kapan Museum Istiqomah Buding Belitung Timur ini dikunjungi terakhir kalinya oleh Lurah, Camat, Bupati, atau dinas terkait, sehingga papan nama saja sampai merana seperti itu. Padahal kabarnya museum ini merupakan satu-satunya museum yang ada di wilayah Belitung Timur, dan menyimpan benda-benda bersejarah yang sangat berharga.

Koleksi Museum Istiqomah Buding Belitung Timur

Koleksi senjata tajam Museum Istiqomah Buding Belitung Timur, diantaranya dengan gagang tanduk rusa. Ada banyak sekali koleksi senjata tajam kuno di museum ini, seperti keris, parang, badik, tombak, pedang sangat panjang unik dan banyak diantaranya memiliki ukiran menarik. Ada parang yang disebut sebagai kemudi kapal berasal dari abad ke-5.

Ada pula koleksi Museum Istiqomah Buding Belitung Timur yang kalau di Jawa disebut Kempul yang terlihat sudah sangat tua. Kempul adalah gong kecil yang digantungkan ketika dipukul, jumlahnya bisa 6 atau 10 dalam perangkat gamelan. Di belakangnya ada kayu tua yang bagian dari masjid lama, serta sebuah tempat buah yang terbuat dari kuningan.

Juga ada gentong peninggalan masjid lama yang disimpan di Museum Istiqomah Buding Belitung Timur. Jika benar apa yang dikatakan Kik (kakek) Aris bahwa Masjid Buding telah berusia lebih dari lima abad, maka masjid itu mestinya berdiri pada awal masuknya Islam ke Pulau Belitung, dan jauh lebih tua umurnya ketimbang Masjid Sijuk.

Koleksi perlengkapan rumah tangga klasik di Museum Istiqomah Buding Belitung Timur. Ada pula mata uang kepeng Belanda, rejim kolonial yang mengeruk Timah dari Belitung sejak pertengahan abad ke-19. Peninggalan lainnya adalah sejumlah pakaian kerajaan yang sudah terlihat sangat tua dan antik, serta perlengkapan rumah tangga lainnya.

Kebanyakan koleksi Museum Istiqomah Buding Belitung Timur disimpan dalam lemari kaca, yang dibuka kuncinya oleh Kik Aris sehingga saya bisa lebih mudah mengambil gambarnya. Ada ubel-ubel menarik dari lilitan kain putih yang sudah sangat tua. Di ruang belakang disimpan banyak benda peninggalan budaya dari jaman Ngabehi Buding dan Kerajaan Balok.

Source Museum Istiqomah Buding Belitung Timur Bangka Belitung
Comments
Loading...