Museum Graha Liman Kencana Garut

0 341

Lokasi Museum Graha Liman Kencana

Museum Graha Liman Kencana terletak di Jl. Ki Hajar Dewantara No.17, Cibunar, Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44185.

Museum Graha Liman Kencana

Museum Graha Liman Kencana orang-orang menyebutnya Kampung Bali. Aroma Bali dan Keraton memang terasa sangat kental di Graha Liman Kencana ini. Replika-replika candi, pura, serta patung-patung berdiri kokoh bak menjaga area sekitar Graha Liman Kencana. Derasnya sungai Cimanuk dan hijaunya area Graha Liman Kencana menjadi penambah momen spiritual anda ketika mengunjungi tempat ini.

Tempat seluas 30 Hektar ini dulunya adalah tanah yang gersang. Tanah ini kini sudah disulap menjadi salah satu kawasan wisata budaya dan edukasi yang hijau; wisata budaya yang selaras dengan alam. Sang “pesulap” tersebut bernama H. Derajat Hadiningrat. Beliau adalah seorang kolektor keturunan dari Keraton Solo. Beliau mulai mengkoleksi benda-benda pusaka dan bersejarah sejak tahun 2004. Tak terhitung benda pusaka dan bersejarah koleksi beliau. Untuk pusakanya saja kurang lebih ada 1000 pusaka. Bahkan, tongkat komando presiden pertama pun berada didalam perawatan beliau dan dipamerkan di Graha Liman Kencana.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Keris Diponegoro. Keris ini bukan keris milik Pangeran Diponegoro, namun ada gambar beliaunya disertai lapisan emas. Ada juga keris Ken Dedes. Keris ini hanya bisa dibuka oleh 2 orang karena sangat berat dan panjang. Beratnya hampir 15 kilogram dan panjang sekitar 2 meter.

Selain keris, ada pula tombak berbentuk kalajengking. Uniknya, tombak ini tidak seratus persen berbahan metal. Tombak ini juga dibuat pada masa kerajaan; dibuat tanpa menggunakan mesin canggih seperti sekarang. Artinya, orang-orang pada zaman dulu sudah memiliki teknologi tersendiri untuk meleburkan batu meteor dan bahan metal.

Ada juga sederet wayang golek sunda, peninggalan dalang kondang almarhum H. Asep Sunandar Sunarya ketika pentas beliau yang terakhir di Cibatu. Tombak-tombak prajurit zaman dahulu pun tak ketinggalan menjadi koleksi Graha Liman Kencana.

Source http://jelajahgarut.com/graha-liman-kencana-keselarasan-alam-budaya-dan-sejarah-indonesia/ http://jelajahgarut.com/graha-liman-kencana-keselarasan-alam-budaya-dan-sejarah-indonesia/
Comments
Loading...