Museum Dr. YAP Yogyakarta

0 46

Museum Dr. YAP

Museum RS Dr Yap diprakarsai oleh Direksi Rumah Sakit Mata Dr. Yap dr. Basarodin, dr. Tri Sutartin Radjiman, dr. Wasisdi Gunawan, Ignatius Rudhyanto dan J. Handoyo), Direktur RS Mata “Dr Yap” (dr. Tri Sutartin Radjiman) memohon ijin kepada Ketua Yayasan (dr. Soehardi).

Kemudian Direktur Rumah Sakit meminta izin kepada keluarga Dr. Yap Hong Tjoen yang berada di Negeri Belanda yaitu putra-putri Dr. Yap Hong Tjoen (Ir. Yap Kie Han dan Ir. Yap May Hwa) untuk membuat museum dan telah dibuatkan penyerahan barang-barang kepada Yayasan RS Mata “Dr. Yap Prawirohusodo”.

Setelah mendapat ijin tersebut maka Kepala Urusan Rumah Tangga  RS Mata “Dr. Yap” (Ibu Magdalena Indrawati) dibantu Ketua Barahmus DIY Bapak Ki Nayono, Ibu Ir. Anna Ismudianto (dari Fakultas Teknik UGM) dan Ibu Ira Masri Singarimbun (Ketua Perpustakaan UGM) mendata barang-barang yang ada di gudang dan kemudian ditata sebagaimana layaknya sebagai museum.

Museum diresmikan tahun 1997 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Saat ini koleksi masih berada di ruang gudang dan belum tertata rapi sehingga belum siap melayani pengunjung umum. koleksi museum sebagian besar berupa peninggalan almarhum Dr. Yap Hong Tjoen dan Dr. Yap Kie Tiong, pendiri Rumah Sakit Mata “Dr. Yap” Yogyakarta.

Ruang museum terbagi dalam empat bagian yaitu Ruang Perpustakaan, memuat buku-buku bahasa, sastra, seni, sejarah, opthalmologi, dan lain-lain. Menurut data, setidaknya ada 934 judul buku dengan jumlah eksemplar sebanyak 939 buku. Kemudian ada Ruang Tidur yang berisi barang-barang antik dan foto-foto keluarga Dr. Yap Hong Tjoen. Ruang Alat-alat Makan, serta Ruang Alat-alat Kedokteran Opthalmologi.

Source http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id/heritage/museum/385
Comments
Loading...