Museum Dr. A.K. Gani Sumatera Selatan

0 412

Lokasi Museum Dr. A.K. Gani

Museum Dr. A.K. Gani terletak di Jalan Mochtar Prabu Mangkunegara atau Jalan Raya Kenten, Kecamatan Sako, Palembang, Sumatera Selatan.

Museum Dr. A.K. Gani

Museum Pahlawan Nasional Mayor Jenderal TNI (Purn.) dr. A.K. Gani dikelola oleh Yayasan Hj. R.A. Masturah A.K. Gani. Saat ini, di antara beberapa orang keluarga A.K. Gani hanya dua orang yang peduli pada sejarah dan museum, yaitu G.I. Priyanti Gani sebagai Direktur Museum dan H. Iskandar Gani sebagai Ketua Yayasan.

“Lebih banyak keluarga yang ingin menjual museum ini daripada merawatnya,” kata Iskandar Gani. Melihat museum ini jelas ada kesan memprihatinkan. Konflik keluarga menyebabkan patung dada dr. A.K. Gani di halaman depan terhalang tembok pembatas yang didirikan oleh pengelola pompa bensin. Tadinya tanah itu punya museum, namun kini sudah berganti kepemilikan.

Museum menempati bekas rumah pribadi dr. A.K. Gani yang dibangun pada 1956. Sayang tidak ada papan nama yang menunjukkan adanya museum. Hanya orang-orang tertentu yang tahu bahwa di belakang pompa bensin ada museum. Menurut Iskandar Gani, tidak setiap hari orang datang ke museum.

Sebagai museum pribadi, Museum dr. A.K. Gani memamerkan berbagai koleksi yang berhubungan dengan sang tokoh. Koleksi artefak terbanyak adalah barang-barang yang pernah dipakai semasa hidup dr. A.K. Gani, seperti alat-alat kedokteran dan alat-alat perang. Lalu ada sepeda tua yang dipakai untuk mendatangi pasien-pasien di tempat-tempat yang jauh. Mobil jeep yang pernah menemani dr. A.K. Gani bergerilya, dipajang di luar pintu masuk museum.

Koleksi lainnya berupa foto-foto hitam putih, lukisan, surat-surat asli keputusan presiden, piagam penghargaan, dan sekitar 2.000 judul buku. Melihat museum, dari segi konservasi jelas tidak layak. Lemari pajangan kotor dan berdebu. Sejumlah koleksi foto berserakan di lantai. Belum lagi koleksi foto yang hanya ditempel dengan lem.

Source https://museumku.wordpress.com https://museumku.wordpress.com/2014/11/01/museum-dr-a-k-gani-sekarat/
Comments
Loading...