Museum Dara Juanti Sintang

0 170

Lokasi Museum Dara Juanti

Museum Dara Juanti terletak di Kapuas Kiri Hulu, Sintang, Kapuas Kiri Hilir, Kec. Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 78613.

Museum Dara Juanti

Musem Dara Juanti merupakan museum yang menyimpan berbagai bukti sejarah perabadan daerah Sintang sekaligus sebagai bekas lokasi pusat pemerintahan Kerajaan Sintang, yakni Istana Al-Mukarramah. Museum yang juga bekas kompleks kerajaan Sintang hingga saat ini masih terawat baik dan menjadi tempat tinggal Sultan Sintang, Pangeran Ratu Sri Negara H.R.M. Ikhsan Perdana.

Nama Dara Juanti diambil dari nama putri pendiri kerajaan Sintang, Demong Irawan, yang bernama Putri Dara Juanti. Salah satu koleksi fenomenal di Museum Dara Juanti ini adalah lambang Burung Garuda pemberian Patih Lohgender (dari Majapahit) yang dibawa sebagai salah satu seserahan saat meminang Putri Dara Juanti.

Koleksi Museum Dara Juanti

Beberapa benda-benda peninggalan yang ada di museum ini antara lain sebagai berikut:

  • Di dalam Museum Dara Juanti terdapat beberapa peninggalan sejarah seperti adanya meriam raja Suka, gundukan tanah yang berasal dari kerajaan Majapahit, tujuh buah meriam anak raja Suka, beberapa kopak batu, meriam raja Beruk, alat musik asli dari suku dayak, serta masih banyak lagi peninggalan sejarah yang ada di dalam museum tersebut yang bisa Anda ketahui saat Anda berkunjung ke Museum Dara Juanti.
  • Benda bersejarah yang lainnya yang ada di istana adalah sebuah peninggalan yang berasal dari Demong Irawan (pendiri kerajaan) seperti situ batu kundu dan beberapa meriam sebagai lambang berdirinya kerajaan Sintang.
  • Pada serambi depan istana terdapat silsilah raja-raja yang pernah memerintah pada saat kerajaan Sintang serta terdapat salinan undangan adat kerajaan Sintang dan naskah Al quran tulisan tangan Sultan Nata.
  • Istana ini juga masih menyimpan barang-barang hantaran Patih Logender (seorang perwira dari Majapahit) ketika meminang Putri Dara Juanti (putri Demong Irawan—pendiri Kerajaan Sintang), antara lain seperangkat gamelan, patung garuda dari kayu, serta gundukan tanah dari Majapahit.
Source Museum Dara Juanti Sintang KalBar
Comments
Loading...