Museum Dapoer Roekijah Djawa Magetan

0 251

Lokasi Museum Dapoer Roekijah Djawa

Museum Dapoer Roekijah Djawa terletak di Desa Wisata budaya Maospati, Jalan Raya 44 Maospati, Magetan, Jawa Timur.

Museum Dapoer Roekijah Djawa

Gagasan dan rintisan pendirian museum dilakukan oleh Heri Ristiawanto, pemandu wisata senior bahasa Jerman. Karena merasa perihatin dengan semakin punahnya berbagai macam alat dapur tradisional, di tengah maraknya serbuan alat dapur modern belakangan ini. Adalah seorang ibu Roekijah, mantan istri lurah tahun 1970-an, masih menyimpan banyak alat dapur tempo dulu di rumahnya.

Atas kesepakatannya maka didirikan di desa Wisata Budaya Maospati, dengan akta no: 073, dengan nama Museum Dapoer Roekijah Djawa. Namun sebelum berdirinya museum ini secara resmi, sdah banyak para turis dari mancanegara diantaranya Swiss, Jerman dari grup Bergeund Meer Germany, yang sudah berkunjung di tempat ini. Sebelumnya museum ini bernama Hargodumilah.

Koleksi utama dari museum ini adalah bakul dari bahan rotan dan bambu tahun 1936. Setrika dari batu tahun 1917, kukuran (alat mengupas kelapa) tahun 1947, lumping kayu tahun 1945 dan nampan kayu tahun 1942. Jumlah koleksi museum ini adalah 280 buah.

Source http://asosiasimuseumindonesia.org/beranda.html http://asosiasimuseumindonesia.org/anggota/27-profil-museum/provinsi-jawa-timur/368-museum-mini-dapoer-roekijah-djawa.html
Comments
Loading...