Museum Dalam Loka Sumbawa NTB

0 573

Lokasi Museum Dalam Loka Sumbawa

Museum Dalam Loka Sumbawa terletak di Dalam Loka, Kelurahan Seketeng, Kac. Sumbawa Besar, NTB.

Museum Dalam Loka Sumbawa

Museum Dalam Loka disebut juga Istana Tua, peninggalan Kerajaan Sumbawa (Dalam Loka’ Dea Mraja), bangunannya dibuat dengan konstruksi kayu, lokasi karang pekat, Kota Sumbawa Besar.

Istana kuno tersebut terbuat dari kayu yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III (sekitar tahun 1885 M). Saat ini digunakan/dimanfaatkan sebagai “Museum Daerah Sumbawa” tempat penyimpanan benda-benda sejarah Kabupaten Sumbawa. Istana ini merupakan dua bangunan kembar ditopang atas tiang kayu besar sebanyak 99 buah, sesuai dengan sifat Allah dalam Al – Qur’an (Asma’ul Husna).

Sebelum Dalam Loka dibangun di atas lokasi yang sama pernah dibangun pula beberapa istana kerajaan pendahulu. Diantaranya Istana Bala Balong, Istana Bala Sawo dan Istana Gunung Setia. Istana-istana ini telah lapuk dimakan usia bahkan diantaranya ada yang terbakar habis di makan api. Sebagai gantinya, dibangunlahsebuah istana kerajaan yang cukup besar ukurannya beratap kembar serta dilengkapi dengan berbagai atribut. Istana yang dibangun terakhir ini bernama Dalam Loka.

Tidak jauh dari Istana Tua, sekitar 500 meter kearah utara pada tahun 1934 dibangun sebuah istana modern oleh Belanda.Hingga kini istana yang lebih populer disebut Wisma Praja atau Pendopo Kabupaten itu masih berdiri kokoh. Wisma Praja ini sempat menjadi kantor terakhir Sultan Sumbawa, dibagian depannya ada sebuah bangunan bertingkat tiga yang juga sangat unik.

Source http://www.dokumentasi-budaya.org/nl/ http://www.dokumentasi-budaya.org/nl/zoeken?mivast=50000&mizig=190&miadt=50000&miaet=14&micode=ORGANISASI&minr=1030500&milang=nl&misort=pla%7Cdesc&miview=ldt
Comments
Loading...