Museum Daerah Nusa Tenggara Timur

0 799

LokasiĀ Museum Daerah Nusa Tenggara Timur

Museum ini terletak di Jalan Frans Seda, Kelurahan Oebobo, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Museum Daerah Nusa Tenggara Timur

Museum Daerah NTT ini didirikan pada tahun 1977, dan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal 9 Januari 1991 ditetapkan sebagai Museum Negeri dan menjadi UPT. Seiring perjalanan waktu dengan hadirnya otonomi daerah maka status Museum Negeri berubah menjadi Museum Daerah Nusa Tenggara Timur. Sehingga pengelolaan museum saat ini dipegang Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan olehbernaung di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Timur.

Museum Daerah NTT yang memiliki halaman luas dan bangunan mukanya mengadopsi dari arsitektur rumah ada di daerah Nusa Tenggara Timur ini, memiliki 6.197 koleksi yang dikelompokkan menjadi koleksi geologika/geografika (13 buah), biologika (76 buah), ethnografika (3.973 buah), arkeologika (204 buah), historika (256 buah), numismatika/heraldika (818 buah), filologika (26 buah), keramologika (602 buah), seni rupa (143 buah), dan teknologika (86 buah). Sebagian besar dari koleksi tersebut berasal dari kelompok etnis yang kabupaten dan kota di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Koleksi Museum Daerah Nusa Tenggara Timur

Koleksi Museum Daerah NTT

Museum ini memiliki 6.199 koleksi yang berasal dari kelompk etnis yang mendiami 14 kabupaten dan kota di wilayah NTT. Koleksi museum berupa benda-benda arkeologi, biologi, geologi, geografi, etnografi, sejarah, keramik, numismatik, heraldik, senirupa, filologi, dan teknologi.

Source Museum Daerah Nusa Tenggara Timur NTT
Comments
Loading...