Menjelajah Museum Blambangan Banyuwangi

0 296

Museum Blambangan Banyuwangi

Museum Blambangan terletak di Jl. A. Yani No. 78, Banyuwangi. Museum ini di bangun oleh pemerintah Banyuwangi agar masyarakat Banyuwangi dan para penjelajah mengetahui benda benda bukti bersejarah yang ada di Banyuwangi ini. Pada museum ini, bangunannya di bangun dengan konsep seperti bangunan kuno yang terlihat pada sebelum masuk ke dalam museum. Museum ini tepat berada di lokasi lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Banyuwangi.

Museum ini juga merupakan museum yang di gelar / di buka untuk umum, sebab benda – benda koleksi dari musueum ini di dalamnya tak hanya satu jenis saja. Di ketahui juga bahwa museum ini didirikan pada tanggal 25 Desember 1977 oleh Gubernur Jawa Timur, yaitu Bapak Soenandar Priyosoedarmo. Pada saat itu Museum Blambangan ini dikelola oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuwangi bersama pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi. Kemudian di resmikan oleh gubernur tingkat I Jawa Timur. Pada museum ini di beri nama Blambangan karenan konon dulu wilayah ini merupakan wilayah bekas kerajaan Blambangan atau yang cukup di kenal pada masa kerajaan Majapahit.

Pengembangan museum ini dilakukan  dengan cara meningkatkan atau mengadakan berbagai acara kegiatan dan jangkauan komunikasi daerah, dengan manyangkut fisik, penambahan benda koleksi, kemampuan dan serta ketrampilan para petugas itu sendiri. Pengembangan museum ini mempunyai tujuan untuk melestarikan warisan budaya dan juga untuk melestarikan warisan budaya bangsa terhadap berbagai jenis peninggalan yang bersejarah yang juga menjadi milik masyarakat Kab. Banyuwangi sendiri. Hingga saat ini koleksi Museum Blambangan sudah mencapai kurang lebih 500 koleksi benda bersejarah. Ada beberapa koleksi dari museum Blambangan ini seperti, guci besar, Mesin Ketik, Telepon Kuno, Keris, Tombak & Senjata, Uang Gobok, Rumah Suku Using, Batik Banyuwangi, Etnografi, arca wisnu, arkeolog, historika, numistika, fiologika, keramologika, teknologika, dan seni rupa.

Source Museum Blambangan Banyuwangi Museum Blambangan Banyuwangi
Comments
Loading...