Museum Biologi Yogyakarta

0 166

Lokasi Museum Biologi

Museum Biologi terletak di Jl. Sultan Agung No. 22 Wirogunan Mergangsan Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta, Jl. Sultan Agung, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151.

Museum Biologi

Museum Biologi UGM adalah museum khusus atau museum khusus pendidikan dengan fokus pendidikan hayati, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Museum Biologi UGM dirintis semenjak terbentuknya Museum Zoologicum pada tahun 1964. Pada waktu itu, museum ditempatkan di salah satu ruang kuliah Universitas Gadjah Mada di Sekip, Sleman, Yogyakarta. Museum tersebut dipimpin oleh Prof. drg. R.G. Indroyono.

Koleksi herbarium ditempatkan di sebagian ruang gedung di Jl. Sultan Agung dan dipimpin oleh Prof. Ir. Moeso Suryowinoto. Koleksi biologi dan koleksi herbarium dikelola oleh Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada, yang waktu itu masih bertempat di Ndalem Mangkubumen, Ngasem, Yogyakarta, dan dikenal sebagai salah satu Fakultas-fakultas Kompleks Ngasem. Koleksi binatang dan tumbuhan pada waktu itu berasal dari ilmuwan dan karyawan terutama seksi zoologi, anatomi dan botani.

Kemudian atas prakarsa dekan Fakultas Biologi yang pada waktu itu, yaitu Ir. Suryono Adisewoyo, pada tanggal 20 September 1969 diresmikanlah Museum Biologi Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada yang merupakan gabungan dari Museum Zoologicum dan Herbarium. Pada tanggal 1 Januari 1970 museum resmi dibuka untuk umum dan pada tahun 1972 bergabung dengan Barahmus DIY.

Source Museum Biologi Yogyakarta Jogja
Comments
Loading...