Museum Batak Tomok Sumatera Utara

0 81

Lokasi Museum Batak Tomok

Museum Batak Tomok terletak di Tomok, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara 22395.

Museum Batak Tomok

Jika dilihat dari luar, bangunan Museum Batak Tomok ini arsitekturnya berbentuk seperti Ruma Bolon dengan ragam ornamen khas Batak yang menghiasi. Halaman depannya hanya sebuah halaman yang lebar dengan ditumbuhi oleh beberapa pepohonan rindang beserta pamflet penanda museum. Ketika pertama kali memasuki halaman depan museum ini, maka nuansa tradisional Batak pada zaman dahulu sangat terasa, sebab di kompleks ini terdapat beberapa benda-benda maupun perabotan khas Batak yang terbuat dari bebatuan yang cukup unik.

Jika di teliti lebih lanjut, benda-benda tersebut sengaja dipahat dengan menggunakan alat pejabat tradisional, dan jika di tinjau dari usia bebatuan tersebut, dipastikan sudah ratusan tahun lamanya sehingga tidak boleh sembarangan ketika memegangnya. Tak hanya itu, objek wisata sejarah di Desa Tomok ini pun juga memiliki nilai-nilai historis maupun nilai-nilai mistis yang sangat tinggi.

Museum Batak Tomok pun cukup unik dengan beberapa ornamen yang unik, salah satu ornamen yang sangat menarik perhatian adalah ornamen berbentuk cicak putih yang menempel di dinding. Ornamen seperti ini dapat ditemukan di bangunan-bangunan khas Batak yang lainnya di sekitar Sumatera Utara. Menurut kepercayaan masyarakat Batak, cicak bermakna sebagai perlindungan serta pesan kepada masyarakat Batak bahwasanya masyarakat Batak harus bisa berbaur dengan lingkungannya dimanapun ia bermukim.

Tak hanya itu, bentuk bangunan museum yang mengadopsi bentuk Ruma Bolon ini pun juga memiliki luas yang cukup, dengan ornamen warna merah, warna hitam, dan warna putih yang menghiasi bagian atasnya, seperti halnya warna yang terdapat pada bangunan-bangunan khas Batak lainnya. Warna-warna tersebut diyakini memiliki filosofis tersendiri bagi masyarakat Batak dan bermakna sakral.

Di dalam museum ini, akan kita dapati beberapa koleksi benda-benda peninggalan sejarah Batak yang mengandung nilai historis tinggi. Beberapa diantara benda-benda tersebut adalah peralatan perang seperti pedang yang digunakan pada masa dahulu untuk berjaga-jaga ketika menghadapi marabahaya. Kemudian terdapat juga beberapa benda-benda pertanian tradisional yang digunakan pada masa dahulu sebagai mata pencaharian masyarakat Batak, serta beberapa perlengkapan dapur.

Selain itu juga terdapat juga beberapa koleksi budaya etnis Batak seperti beberapa patung berbahan kayu, serta beberapa kain tenun ulos yang memiliki bermacam-macam motif. Semua koleksi tersebut merupakan koleksi yang cukup unik untuk dilihat, apalagi koleksi-koleksi tersebut berasal dari sejarah-sejarah etnis Batak di masa lampau.

Source https://samosirwisata.wordpress.com/ https://samosirwisata.wordpress.com/2014/08/26/museum-batak-tomok-wisata-sejarah-dan-kebudayaan-batak-di-desa-tomok/
Comments
Loading...