Museum Barli Bandung

0 234

Lokasi Museum Barli

Museum Barli terletak di Jl. Prof. Ir. Sutami No. 91, Sukasari, Sukarasa, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152.

Museum Barli

Museum Barli ini diresmikan oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada tanggal 26 Oktober 1992. Museum Barli juga kerap dipakai untuk kegiatan pameran seni rupa, diskusi, sarasehan kesenirupaan, workshop, pelatihan studio keramik dan seni lukis.

Barli Sasmitawinata, maestro seni lukis realistik kelahiran Bandung 18 Maret 1921 yang menjadi penggagas museum ini, adalah salah satu dari “Kelompok Lima Bandung” (Affandi, Barli, Hendra Gunawan, Sudarso, Wahdi). Barli meninggal di Rumah Sakit Advent Bandung pada Kamis, 8 Februari 2007. Museum Barli juga menyimpan karya–karya seni rupa kontemporer dan lukisan pelukis terkenal Indonesia.

Pada awal berdirinya, Museum Barli merupakan private museum yang tidak dibuka untuk umum. Namun, seiring berlalunya waktu siapa saja bisa berkunjung ke sini untuk menikmati karya seni Barli Sasmitawinata. Museum menempati bangunan tiga lantai yang terbagi dalam empat ruangan, setiap lantai memiliki nama masing-masing. Lantai dasar yang dinamakan Lantai Agung, digunakan untuk kegiatan pendidikan, diskusi dan pagelaran seni. Agung diambil dari nama putra Barli, yakni Agung Wiwekaputera. Lantai satu dinamakan Lantai Nakisbandiah, diambil dari nama salah seorang istrinya, kerap digunakan sebagai ruang pameran. Lantai Nakisbandiah memiliki bangunan sayap yang diberi nama Chandra’s Gallery. Ruangan ini juga digunakan untuk pameran.

Terakhir lantai satu yang diberi nama Ruang Atikah, dimanfaatkan untuk koleksi pilihan karya Barli Sasmitawinata dan koleksi khusus. Atikah adalah istri pertama Barli yang memperoleh tempat istimewa. Wanita ini konon adalah pemberi semangat pada masa-masa awal perjalanan karir Barli sebagai pelukis. Ruang Atikah berbentuk melingkar, di dalamnya tersimpan karya-karya kubisme dan ekspresionisme hasil ketekunan Barli.

 

Source Museum Barli Bandung Jawa Barat
Comments
Loading...