Museum Bank Rakyat Indonesia Purwokerto

0 168

Lokasi Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI) terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Purwokerto, Jawa Tengah. Museum ini menempati areal seluas 706 m², dan terletak persis di depan Kodim 0701 Banyumas.

Museum Bank Rakyat Indonesia

Bangunan museum ini terdiri atas 2 lantai dengan luas keseluruhan 1.066 m². Museum BRI didirikan dengan maksud sebagai salah satu perwujudan rasa terima kasih sebagai generasi penerus kepada para pendahulu. Selain itu, dimaksudkan pula sebagai suatu monumen untuk dan tempat melestarikan alat-alat, dokumen, foto-foto, dan sebagainya yang pernah digunakan dalam kegiatan operasional BRI.

Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja pada tanggal 16 Desember 1895 dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden yang artinya Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto. Dan sekarang, 16 Desember 1895 dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. Pernah berhenti beroperasi pada masa perang tahun 1948 dan kembali beroperasi pada tahun 1949 dengan nama Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada 1968 namanya menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan menjadi perseroan terbatas (PT) pada 1 Agustus 1992 yang kemudian menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Di Museum BRI Purwokerto, banyak sekali koleksi barang dan peralatan yang dulunya dipakai untuk operasional Bank BRI seperti mesin pembukuan dari berbagai merk, pesawat telepon, peti besi, lemari besi, mesin penghitung uang dan lainnya. Ada juga koleksi uang kertas dan koin lama dari berbagai negara. Ada juga koleksi pakaian dan aksesoris milik RA Wiryaatmadja, diorama dengan berbagai suasana bank, pasar dan lainnya di jaman dahulu. Ada juga berbagai piagam penghargaan, Akta pendirian Bank BRI berbahasa belanda dan terjemahannya, foto-foto jajaran direksi Bank BRI dan kalau tidak salah ada perpustakaan juga.

Jadwal Buka Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank BRI ini buka setiap hari Minggu – Kamis mulai Jam 8 Pagi hingga jam 3 Sore. Jika anda ingin berkunjung ramai-ramai bersama rombongan, sebaiknya hubungi dahulu melalui surat resmi agar pihak museum lebih siap. Surat bisa dikirimkan ke alamat Museum Bank BRI, Jl. Jend. Sudirman No. 57, Purwokerto

 

Source Museum Museum bank Rakyat Indonesia Purwokerto
Comments
Loading...