Museum Balaputra Dewa Palembang

0 788

Lokasi Museum Balaputra Dewa Palembang

Museum Balaputera Dewa di Jalan Srijaya I No 28, Palembang, Sumatera Selatan.

Museum Balaputra Dewa Palembang

Museum ini dibangun tahun 1978 dan diresmikan pada tahun 1984 dan terletak di areal seluas 23565 meter persegi.Beberapa bangunannya mencerminkan bangunan tradisonal Palembang. Diberi nama museum Balaputradewa yang diambil dari salah satu nama raja di kerajaan Sriwijaya yang mampu membuat kerajaan Sriwiajya berjaya dan pada jaman pemerintahannya kerajaan Sriwijaya terkenal dengan sebutan kerajaan maritim yang sangat disegani.

museum tampak dalam

Museum Balaputera Dewa menyimpan berbagai koleksi dari zaman pra-sejarah, zaman Kerajaan Sriwijaya, zaman Kesultanan Palembang, hingga ke zaman kolonialisme Belanda. Berbagai koleksi tersebut dipamerkan di dalam tiga ruang pamer utama. Museum Balaputradewa memiliki sekitar 3580 buah koleksi yang terdiri dari barang-barang tradisional Palembang, binatang awetan dari berbagai daerah di Sumatera Selatan, beberapa miniature rumah pedalaman, replica prasasti dari arca kuno yang pernah ditemukan di Bukit Siguntang, batu-batu ukir raksasa dari jaman Megalitikum, dan masih banyak lagi.

Koleksi di Museum Balaputradewa dibagi menjadi 10 macam kategori yaitu histografi atau historika (cerita-cerita), etnografi, feologi, keramik, alat-alat teknologi modern, seni rupa (berupa ukiran), flora fauna (biologika) dan geologi serta terdapat rumah limas juga rumah Ulu Ali. Koleksi-koleksi di Museum Balaputradewa ditempatkan pada 3 buah ruang pameran yang dikelompokan menjadi ruang pamer zaman prasejarah, kesultanan Palembang Darussalam dan masa perang kemerdekaan serta tambahan Rumah Limas (rumah/bangunan khas Palembang). Di Museum Balaputradewa sekarang terdapat ruang khusus pertukaran budaya antara Kesultanan Malaka (Malaysia) dan Palembang (Indonesia). Ruang pamer (Galeri) kebudayaan Malaka ini baru dibuka sekitar tahun 2011 saat Sultan Malaka berkunjung ke Palembang. Ruang pamer kebudayaan Malaka didedikasikan kepada masyarakat Palembang karena adanya keterikatan batin dan budaya antara masyarakat Malaka dan Palembang.

 

 

Source Museum Balaputra Dewa Palembang Palembang
Comments
Loading...