Museum Artha Suaka Jakarta

0 223

Lokasi Museum Artha Suaka

Museum Artha Suaka terletak di Jl. Kebon Sirih No. 82 – 84 Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Museum Artha Suaka

Museum ini merupakan milik Bank Indonesia, terletak di kompleks Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat yang didirikan pada 1978. Tujuan pendirian museum adalah untuk memperlihatkan sejarah perkembangan perbankan dan keuangan di Indonesia.

Koleksinya terdiri dari dokumen-dokumen keuangan, foto-foto dan lain-lain, beberapa diantaranya merupakan koleksi menarik dan langka, Misalnya uang kampua yang terbuat dari kain, berasal dari kerajaan Buton di Sulawesi Selatan. Lalu uang yang ditulis dengan darah. Ada juga uang Krishnala yang terbuat dari emas, berasal dari kerajaan Janggala. Belum lagi uang-uang kuno dari kerajaan-kerajaan lain di Nusantara. Selain itu ada juga koleksi uang penerbitan khusus, misalnya uang logam khusus emisi 1970, uang logam khusus seri “Save the Children Fund” 1990, dan uang logam khusus seri “Cagar Alam” 1987.

Koleksi yang disimpan di Museum Artha Suaka ada yang berasal dari jaman kerajaan, masa perdagangan antar benua pada jaman dahulu, masa penjajahan Belanda, Jepang, Inggris dan uang yang dibuat pada jaman revolusi kemerdekaan Republik Indonesia hingga sampai saat ini.

Koleksi lainnya adalah Uang Real Batu dari Kerajaan Sumenep yang diduga berasal dari mata uang Kerajaan Spanyol dengan ditambah stempel huruf Arab ”Soemenep”, angka atau bunga mawar. Dari Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan ada uang emas Dinar yang digunakan di jaman Sultan Hasanudin pada abad ke-17 yang mirip Derham Aceh.

Source http://asosiasimuseumindonesia.org/beranda.html http://asosiasimuseumindonesia.org/anggota/110-museum-artha-suaka.html
Comments
Loading...