Museum Anjuk Ladang Nganjuk

0 288

Lokasi Museum Anjuk Ladang

Museum ini terletak di Jalan Jend. Gatot Subroto, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Museum Anjuk Ladang

Museum Anjuk Ladang ini mulai dibangun tahun 1996 pada era kepemimpinan bupati Soetrisno, kemudian sebelum sepenuhnya difungsikan sebagai museum dulunya bangunan ini dijadikan sebagai kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nganjuk. dan baru setelah tahun 2003 berfungsi sepenuhnya sebagai Museum Daerah Kabupaten Nganjuk yang berfungsi untuk menyimpan semua peninggalan Benda cagar budaya dan penemuan di kabupaten nganjuk.

Sebenarnya sebelum tahun 1996, Kabupaten Nganjuk sudah memliki “balai arca” yang terletak di kelurahan mangundikaran sebelah utara alun-alun kabupaten nganjuk. Balai Arca ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan arca, lingga, yoni dan berbagai penemuan lain. itu sebabnya sebagian besar koleksi yang dimiliki Museum Anjuk Ladang ini tertulis berasal dari Kelurahan Mangundikaran.

Bangunan Museum Anjuk Ladang

Bangunan museum ini dibangun di atas lahan seluas 2.633,44 m² dengan satu lantai. Luas keseluruhan bangunan adalah 4 tempat 351,05 m2 untuk publik dan 2 lokasi = 63 m2 untuk non publik. Bangunan ini didirikan sejak tahun 1995 namun baru difungsikan sebagai museum sejak 10 April 1996. Sejak awal berdiri memang difungsikan sebagai museum dengan status kepemilikan tanah milik pemerintah daerah. Museum ini terbagi menjadi beberapa bagian bangunan. Bagian depan berbentuk joglo tempat menyimpan prasasti Anjuk Ladang dan kereta kencana, bangunan induk sebagai tempat penyimpanan guci, uang logam kuno, wayang kulit, gerabah, keramik, genta, dan lain-lain. Sedangkan, bangunan belakang kecil dan digunakan untuk sekretariat museum, bangsal keamanan dan kamar mandi / toilet.

Source Museum Anjuk Ladang Nganjuk Nganjuk
Comments
Loading...