Museum Abirowo Batang

0 287

Lokasi Museum Abirowo

Museum Abirowo terletak di  Jl. Dr. Wahidin No. 26 Batang, Jawa Tengah.

Museum Abirowo

Pusaka Abirawa merupakan peninggalan Kanjeng Sunan Raden Sayid Nur Rochmat atau Kanjeng Sunan Sendang. Kanjeng Sunan Sendang adalah Aulia/Wali pada zaman Kasultanan Demak Bintoro di bawah Sultan Trenggono. Beliau berasal dari Desa Sendangduwur, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Kanjeng Sunan Sendang menimba ilmu pada Sunan Drajat. Oleh karena itu, setelah Sunan Drajat meninggal, beliau menggantikan kedudukannya sebagai Dewan Wali atau Wali Songo.

Semula Pusaka Abirawa berada di Masjid R Nur Rochmat di Paciran Kabupaten Lamongan. Selanjutnya ditempatkan di Sedayu, Gresik, karena salah satu keturunannya menjadi Bupati di tempat ini. Pusaka Abirawa ini menjadi Pusaka Sedayu, selanjutnya dibawa keturunan Sayid Nur Rochmat yang berada di Pasuruan. Setelah itu terus mengikuti keturunannya yang berada di Wiradesa, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang.

Pusaka Abirawa menjadi pusaka andalan Trah Sayid Nur Rochmat yaitu RT Suroadiningrat I (Kanjeng Sedo Rawuh), Pangeran Ario Suroadiningrat II, RT A Djayengrono IV, R Adipati Ario Puspodiningrat I dan II, R Tumenggung Notodiningrat, R Adipati Suryoadiningrat (Bupati Batang tahun 1886-1912M). Mengingat betapa berharganya pusaka ini, maka didirikanlah Museum Abirowo yang menyimpan warisan kebudayaan yang tak ternilai tersebut.

Source http://asosiasimuseumindonesia.org/beranda.html http://asosiasimuseumindonesia.org/anggota/153-museum-abirowo-abirawa.html
Comments
Loading...