Moseleum Van Motman

0 18

Moseleum Van Motman

Moseleum Van Motman, sesuai ejaan yang dipakai oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Bogor adalah juga sebuah pemakaman. Luasnya kurang lebih 600 meter persegi. Didalamnya berdiri sebuah bangunan mausoleum berukuran 40 meter persegi. Di sekitar bangunan moseleum terdapat 12 pilar yang menurut sejarah juga merupakan tanda sebuah makam.

Moseleum Van Motman diduga didirikan tahun 1811. Dugaan ini terkait dengan catatan sejarah dari keluarga tersebut sendiri dimana putri GWC yang bernama Maria Henrietta van Motman meninggal pada 5 Desember 1811. Selanjutnya tercatat 8 orang anak dari GWC dimakamkan di tempat ini. GWC Van Motman sendiri tidak diketahui dimana keberadaan makamnya.

Kalau kita memasuki bagian dalam Moseleum Van Motman tersebut, maka yang terlihat hanyalah seperti sebuah reruntuhan bangunan saja. Padahal kalau membaca sejarahnya seharusnya di dalam Moseleum Van Motman ini terdapat empat mumi atau jenazah yang diawetkan dalam peti kayu bertutup kaca. Juga, seharusnya terdapat sekitar 33-37 makam di dalam kompleks tersebut, tetapi yang terlihat hanyalah kurang lebih 12 pilar penanda makam saja.

Menurut sejarah juga, seharusnya tempat ini berlapiskan marmer asli Italia. Sesuatu yang mencirikan dinasti Van Motman yang pada masanya merupakan orang terkaya di Bogor. Sayangnya, rupanya bertahun-tahun silam telah terjadi penjarahan besar-besaran terhadap situs Moseleum Van Motman ini dengan cara mencongkel marmer-marmer berharga mahal tersebut. Alhasil, dalam kondisinya sekarang Moseleum Van Motman hanyalah seperti reruntuhan bangunan tak terawat saja.

Meskipun demikian, masih tersisa sedikit dari apa yang ada di masa lalu. Sisa-sisa inilah yang bisa membuat kita mengira dimana ke-empat peti kayu bertutup kaca penyimpan mumi tersebut diletakkan. Begitu, pula dengan sisa-sisa makam yang ada kita bisa menduga bagian-bagian sejarah di masa lalu dari Dinasti Van Motman.

Source http://www.lovelybogor.com http://www.lovelybogor.com/moseleum-van-motman-peninggalan-sang-tuan-tanah/
Comments
Loading...