Monumen Tuanku Imam Bonjol

0 13

Monumen Tuanku Imam Bonjol

Monumen ini dibangun untuk memperingati perjuangan Tuanku Imam Bonjol.Tuanku Imam Bonjol berasal dari Bonjol yang sangat taat memeluk agama islam. Pengikut Tuanku Imam Bonjol bernama Kaum Paderi. Kaum Paderi sangat menentang sifat Kaum Adat yang suka meminum minuman keras, berjudi, mabuk-mabukan serta menyabung ayam, berkelahi dan merampok.

Pada tahun 1831-1837 terjadilah perang Padri yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol melawan Kaum Adat. Karena kaum adat lemah maka mereka meminta bantuan kepada Belanda, namun kaum Paderi menang bahkan perlawanan sampai ke Bukittinggi. Tuanku Imam dibantu oleh Haji Sumanik, Haji Piobang, Haji Miskin dan lain-lain.

Untuk memperkuat pertahanannya maka Belanda membuat benteng diatas Bukit Malambung yaitu Benteng Ford De Kock sekarang masih ada peninggalannya dengan meriam dan bak penampungan air .Dalam setiap peperangan Belanda dan Kaum Adat selalu kalah, maka Belanda memainkan politiknya dengan mengajak kaum Paderi untuk berdamai.

Pada tanggal 25 Oktober 1937 Tuanku Imam Bonjol akhirnya dapat ditangkap oleh Belanda, beliau di buang ke Cianjur kemudian dipindahkan ke Minahasa (Menado) akhirnya beliau wafat disana.

Source http://bukittinggiheritage.blogspot.com http://bukittinggiheritage.blogspot.com/2017/10/monumen-tuanku-imam-bonjol.html
Comments
Loading...