Monumen Tambora Jakarta

0 220

Lokasi Monumen Tambora

Monumen Tambora terletak di l Tambora 1, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Monumen Tambora

Setelah Jepang menyerah pada Perang Pasifik, Tentara Inggris yang mewakili Sekutu mendarat di Tanjung Priok pada 29 September 1945. Kedatangan tentara Sekutu itu ternyata dibonceng NICA (Netherland Indies Civil Administration, Pemerintahan Sipil Hindia Belanda) yang dipimpin Dr. Hubertus J van Mook. Akibatnya timbul perlawanan di banyak tempat.

Monumen Tambora didirikan pada 31 Desember 1945 untuk mengenang dan menghargai jasa para pejuang yang tewas dalam pertempuran melawan NICA.

Pertempuran itu terjadi di wilayah Kampung Duri sekitar Jembatan Lima pada 12 Desember 1945, diantara mereka adalah Suntara, Mahrup dan Moeh Sapri. Atas Permintaan Skogar Biro III, pada 26 September 1960 kuburan mereka digali untuk dipindahkan ke Makam Pahlawan Kalibata, yang penguburannya dilakukan pada 10 November 1960 dengan upacara kemiliteran.

Monumen Tambora sebelumnya berada di dalam kompleks Masjid Jami Tambora, dan dipindahkan ke tempatnya yang sekarang sekitar 30 tahun yang lalu. Bagian atas Monumen Tambora ini berbentuk pelor besar terbuat dari logam berwarna kekuningan yang telah terkelupas lapisan catnya di sana-sini. Tidak tampak adanya torehan tulisan pada bagian pelor ini.

Source https://www.thearoengbinangproject.com/ https://www.thearoengbinangproject.com/monumen-tambora/
Comments
Loading...