Monumen Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang

0 228

Lokasi Monumen Raja Haji Fisabilillah

Monumen Raja Haji Fisabilillah terletak di Jl. Hang Tuah, Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Sejarah Monumen Raja Haji Fisabilillah

Monumen Raja Haji Fisabilillah ini dibangun untuk mengenang jasa – jasa Raja Haji Fisabilillah sebagai pahlawan Melayu yang berasal dari Riau. Beliau juga memiliki sebutan Raja Haji Fisabilillah Yang Dipertuan Muda IV.

Beberapa kontribusi beliau sebagai pahlawan berjasa, yakni sebagai Pemimpin, Hulubalang, serta Ulama. Beberapa penulis sejarah bahkan mencatat di tahun 1782 sampai dengan 1784, di bawah kepemimpinan beliau, stabilitas sosial politik serta ekonomi nusantara membaik.

Bahkan pihak musuh, yaitu Belanda menganggap Raja Haji Fisabilillah sebagai sosok yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Karena sempat pula perang yang dinyatakan oleh beliau menjadi peperangan yang cukup besar dan mampu mengacaukan kekuasaan Belanda di Nusantara. Kemudian, eliau mangkat dalam peperangan lainnya yang tidak kalah hebat di Teluk Ketapang.

Saat itulah, beliau dimakamkan di kaki Bukit Bendera Malaka. Karena kontribusi beliau yang sangat besar, Pemerintah Republik Indonesia menetapkan bahwa Raja Haji Fisabilillah sebagai pahlawan Nasional dan dibangunlah monumen tersebut pada saat kepemimpinan H. Abdul Manan Saiman sebagai Bupati Kepulauan Riau, dengan nama Monumen Raja Haji Fisabilillah yang diresmikan secara langsung oleh Gubernur Riau pada hari Sabtu, tanggal 24 Maret 1998.

Fasilitas Monumen Raja Haji Fisabilillah

Seperti bangunan bersejarah lainnya, fasilitas yang disediakan di Monumen Raja Haji Fisabilillah tidak lain adalah beberapa peninggalan bersejarah serta guide yang mendampingi pengunjung untuk memberikan informasi mengenai hal – hal yang terdapat di dalamnya.

Source Monumen Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang Riau
Comments
Loading...